Bekasi Siap Menjadi Tuan Rumah Olimpiade Al-Quran



Stadion Bekasi

Bekasi, Bekasiurbancity.com – Kota Bekasi Jawa Barat siap menyambut kehadiran peserta Olimpiade Pecinta al-Qur’an (OPQ) yang akan digelar oleh Komunitas One Day One juz (ODOJ). Perhelatan akbar ini akan berlangsung selama sembilan hari dari tanggal 5 sampai 13 November 2016 mendatang.

Venue utama yang akan digunakan sebagai lokasi utama hajatan akbar ini adalah Stadion Patriot, Kota Bekasi. Menurut panitia, dipilihnya stadion kebanggaan warga Bekasi itu karena visi daerah penyangga ibu kota tersebut sebagai Kota Ihsan sesuai dengan visi komunitas yang memiliki anggota di 22 negara itu.

Ketua Pelaksana OPQ, Bakat Setiaji mengatakan agenda akhir tahun Komunitas One Day One Juz tersebut ditargetkan akan dihadiri lebih dari 150 ribu anggota ODOJ dari seluruh Indonesia. Oleh karena itu, stadion megah bertaraf internasional yang berdiri di atas lahan seluas 9,1 hektar sangat representatif untuk event tersebut.

“Stadion Patriot akan menjadi saksi berkumpulnya para pecinta Al-Quran dari penjuru dunia untuk mengadakan tilawah akbar bersama yang akan dipimpin oleh lima Syaikh dari lima benua,” ujarnya, demikian laporan Bimas Islam Kemenag RI.

Bakat menjelaskan, panitia OPQ sendiri telah melakukan audiensi dengan jajaran pimpinan dan staf Walikota Bekasi untuk membicarakan hal-hal terkait event ini. Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu, Sekretaris Umum MUI Kota Bekasi, para SKPD Kota Bekasi, serta perwakilan ormas Islam Kota Bekasi, seperti Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, PERSIS, dan ormas-ormas Islam lainnya turut hadir dalam audensi tersebut guna mempersiapkan detail dan teknis acara OPQ.

Selain itu, menjelang panitia juga melakukan roadshow ke sejumlah tokoh nasional di antaranya Ketua MPR, Menkopolhukam, Gubernur Jawa Barat, Majelis Ulama Indonesia, dan sebagainya.

Selain mendatangkan ulama dari lima benua, perhelatan Olimpiade Pecinta al-Qur’an juga diramaikan dengan sejumlah artis dan public figure seperti Tomi Kurniawan, Oki Setiana Dewi, komedian Bedu, dan lain-lain.

One Day One Juz adalah komunitas pembaca Al-Qur’an satu juz per hari yang dideklarasikan pada 4 Mei 2014 di Masjid Istiqlal oleh Wakil Menteri Agama saat itu, Nasaruddin Umar yang juga menjabat sebagai Dewan Penasihat komunitas tersebut.

Perkumpulan yang sudah berbadan hukum itu meraih jumlah anggota lebih dari 120 ribu orang di seluruh Indonesia dan sejumlah negara, serta sudah meraih dua rekor MURI sekaligus. Atas capaiannya tersebut, Republika menganugerahkan Tokoh Perubahan 2014 pada Bayu Subrata, pendiri komunitas One Day One Juz.

sumber: www.bekasiurbancity.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: