Mencoba Ternak Kelinci


Pengembangbiakan Kelinci

Kelinci betina jenis kecil normalnya siap untuk dikawinkan pada umur 5 bulan, dan kelinci jantan siap pada umur 6 bulan. Kelinci betina jenis sedang ketika umur 6 bulan, dan jantan pada umur 7 bulan. Kelinci jenis besar betina pada umur 8 bulan, dan jantan pada umur 9 bulan.

Kamu bisa menyiapkan rasion 1 jantan terhadap 10 betina jika kamu mau. Jantan secara efektif dapat membuahi sampai 7 kali seminggu, kamu dapat juga menggunakan si jantan untuk kimpoi dua kali sehari. Yang paling baik adalah 2 kali seminggu.

Perhatikan hal-hal berikut dalam pengembangbiakan kelinci:
• Hanya kawinkan kelinci satu jenis. Dengan kualitas kontes, kelinci berdarah campuran tidak akan dapat dijual sampai 4 generasi kedepan.


• Hanya tempatkan 1 kelinci pada tiap kandang, ketika umur kelinci 3 bulan atau lebih. Kelinci lebih cepat dewasa ketika sendiri, tidak berkelahri, dan tidak dikawinkan, sehingga mengurangi resiko hasil yang tidak diharapkan.

• Sebelum proses pengawinan, periksa lantai kandang jantan dan betina untuk melihat tanda2 diare. Jangan kimpoikan kelinci pada kondisi diare, hingga sembuh benar. Lihat juga alat kelamin kedua kelinci untuk melihat tanda 2 infeksi dan penyakit (misal: kemerahan yang parah, bekas gigitan, luka, dsb)


• Ketika siap, bawa betina ke kandang jantan, jangan sebaliknya. Karena si jantan akan kurang minat untuk kimpoi. Ia akan sibuk mencium-cium seputar kandang.


• Ada dua pilihan, pertama membiarkan mereka satu kandang selama satu malam, yang kedua adalah membiarkan si betina pada kandang jantan 1 hingga 12 jam setelah proses kawin. Ini akan meningkatkan kemungkinan hamil dan dapat menambah jumlah anak.


• Catat tanggal mereka kawin, kamu dapat melakukan test kehamilan pada hari ke 10 dan ke 14 setelah mereka melakukan perkimpoian. Cara untuk mengetahui kehamilan adalah meraba perut bagian bawah dengan jempol dan jari telunjuk kamu untuk merasakan adanya janin berukuran kelereng atau anggur.


• Tempatkan kotak tempat kelahrian pada hari ke 29 dan pada hari ke-31, si betina akan melahirkan.

Jangan pernah mengawinkan antara kakak dan adik. Kombinasi yang lain adalah mungkin: ayah dan anak, ibu dan anak, sepupu, dsb.

Hindari mengembangbiakan kelinci yang memiliki kelainan genetika seperti gigi serigala, atau kornea berawan (mata bulan), atau kepala yang tidak proporsional(kecuali pada dwarft, dimana sekitar 25% terlahir dengan kepala atau kaki yang cacat)


Mengevaluasi siklus reproduksi kelinci.

Seekor kelinci secara normal dapat dikawinkan pada usia 6 bulan untuk ukuran kecil sampai sedang dan 8 sampai 9 bulan untuk ukuran besar. Masa kehamilan adalah 31 hari. Setelah anaknya dipisahkan, lebih baik dikawinkan lagi pada minggu ke 6, dan memisahkan anak-anka kelinci pada usia 5 – 7 minggu. Siklus ini berlanjut hingga usia betina mencapai 4 tahun atau hasil produksinya tidak memuaskan.

Pada periode Oktober hingga Desember, banyak kelinci yang memasuki periode susah hamil. Akan membantu juga jika kandang kelinci mendapatkan cukup penerangan. Juga jika suhu udara terlalu panas, jumlah sperma si jantan akan berkurang, dan tingkat perkimpoian akan menurun. Beberapa orang menyimpan kelinci jantan mereka pada ruangan ber-AC untuk tetap menjaga tingkat perkimpoian yang tinggi.

Standar minimum bagi betina untuk berreproduksi per tahun adalah sebagai berikut:
Dwarf: 8
Kelinci kecil: 14
Kelinci sedang: 16
Kelinci pedaging: 20
Kelinci Besar: 16

Menentukan Jenis Kelamin Kelinci

Menentukan jenis kelamin kelinci meskipun masih kecil sebenarnya mudah.tetapi sebagaimana lazimnya ilmu terbaik adalah berlatih dgn bimbingan peternak yg berpengalaman.selain perbedaan daripada sex organ kelamin,kelinci itu bisa juga debedakan dengan melihat perbedaan fisik mereka dimana yang jantan berkepala lebih besar dan betinanya berkepala lebih kecil.
yang paling mudah menetukan jenis kelaminya adalah dengan melihat langsung pada kelaminya,caranya pegang dengan tangan kanan pada punggung belakang kepala kelinci dan di balikan,semetara tangan kiri kita dengan jari jempol dan telunjuk menekan pelan pada kelaminya.

pada kelinci yang berumur sekitar 6 bulan,pada pejantan akan nampak bulatan dan benjolan sedang pada betinya akan nampak seperti terbelah atau berbentuk huruf V.

Dengan bertambahnya umur kelinci akan nampak lebih jelas perbedaannya.pada pejantan dewasa kantong scrotal akan nampak jelas. tapi perlu di ingat juga,kalau pejantan bisa aja menyembunyikan kantong scrotalnya kedalam tubuh.sehingga perlu kejelian dari peternak atau calon peternak untuk berlatih dalam menetukan jenis kelamin ini.

Diare dan Kembung

Beberapa Artikel dari beberapa peternak kelinci tentang kembung dan diare,sebagai penyakit yg cukup sering terjadi dan mematikan :

  • Permasalahan yang biasa terjadi adalah penyakit bloat (kembung) dan mencret. Biasanya dikarenakan hijauan yang diberikan masih mengandung embun atau hijauan tidak dilayukan terlebuh dahulu. Kasus ini rentan terjadi pada saat peralihan ke musim penghujan. Kendati sepele, apabila tidak segera diatasi bisa fatal juga.Eko Budi, peternak kelinci asal lereng gunung Merbabu, punya tips mengatasinya. Ia memberikan daun pepaya atau ketela pohon (singkong) kering yang dicampurkan dalam pakan, atau dengan obat-obatan antibiotik pabrikan.
  • Tanda2 kelinci yg sedang kembung/mencret/masuk angin :
    * Tidak bisa/malas berdiri. Kalaupun berdiri biasanya membungkuk, sama seperti manusia yg sedang mules/masuk angina.
    * Karena menahan sakit, biasanya kaki depanya diselonjorkan kedepan terus agar kaki kelinci tsb tidak menyentuh bagian perutnya yg sedang sakit. Hal inilah yg menyebabkan kelinci tersebut enggan dan sulit untuk berdiri.
    * Mata sayu.
    * Kelinci jd kurang aktif.
    * Gigi “gemeretek”/bergesek2kan sehingga menimbulkan bunyi. Hal ini karena kelinci sedang menahan sakit.
    * Kelinci haus terus.
    * Kotoran kelinci tidak padat/seperti gell.
  • Penyebab mulesnya si kelinci ada banyak, tidak hanya satu.penyebab utamanya adalah :
    * Tidak seimbangnya antara serat, protein, lemak dan gizi lainya pada pakan kelinci.
    * Kotornya lingkungan kandang, sehingga bakteri masuk ke dalam tubuh kelinci melalui udara/makanan
    * Angin malam.
    * Cuaca yg kurang baik
    * Berganti2 makanan secara drastis.
  • penyebab mencretnya kelinci juga bisa diliat dari kotoran/feses kelinci
    * Kotoran berwarna ijo, dan seperti jelly : Terlalu banyak serat/sayuran hijau yg tidak diimbangi dengan lemak, protein, dll(serat > 22%). Pengobatanya kelinci diberi hay (sayur yg sudah dilayukan)
    * Kotoran berwarna gelap, encer : Ada dua kemungkinan, kemungkinan pertama warna gelap berasal dari darah. Pengobatanya harus dengan antibiotik. Kemungkinan kedua karena terserang bakteri seperti E.colli. Biasanya kelinci hanya bisa bertahan 1-3hari saja. Penangananya harus cepat dengan memberikan antibiotik yg dapat dibeli di dokter hewan.

Ada tips dari peternak, biasanya kalau kelinci ketahuan mencret, melepaskanya di kandang dan menjemurnya di pagi hari. Selain itu juga bisa dicoba diberi penyegar cap kaki 3 atau flagyl.

Catatan :
Hay itu adalah sayuran yg dilayukan. Kelinci kurang baik jika diberi pakan sayuran segar karena pada sayuran yg masih segar kandungan getah dan cairan lainya masih tinggi. Oleh karena itu sayuran harus dijemur dulu hingga layu. Sayuran yg telah layu itu disebut hay
Jika cuaca sedang terik cukup dijemur 1 hari saja. Namun jika sedang musim hujan seperti ini terkadang bisa mencapai 2-3 hari. Sayuran telah menjadi hay jika sudah layu dan kering. Perbedaan utama hay dengan sayuran segar adalah, hay tidak akan mengeluarkan cairan ataupun getah jika ditumbuk tidak seperti halnya sayuran segar.

Tanya Jawab Seputar Perawatan Kelinci:

1. Makanan kelinci selain rumput, wortel n kangkung apa aja sih yang bisa buat tuh kelinci gemuk/tumbuh gede
Selain makanan yang mas sebutkan di atas, biasa nya aku berikan selingan makan dari dedak (gabah kering giling)

2. Brapa lama sih kelinci tuhjadi bisa gemuk/gede dari anak misalnya?
Klo perawatan nya intensif sih sekitar 5-6 bulan tuh kelinci udah lumayan gede, udah bisa dipotong, tapi kapan tuh kelinci bisa jadi bibit aku sendiri lupa lagi, ntar mo ditanyain dulu ke kakak ku ya… )

3. Tempat ternak sabaiknya yang terbuka/tertutp sih?
Di tempatku tertutup mas, pake kandang, dengan pertimabangan keamanan, because jika disimpan di tempat terbuka… banyak pemangsa nya, ada kucing garong atau anjing liar

4. Trus kalo kelinci tuh pada sakit, solusinya apa dan gimana yaa?
Biasanya kami karantina, jauhkan dari teman-teman nya biar ngak menular, klo kelihatan makin parah ya buru2x dipotong, sekarang udah ada vaksinasinya kok… info lebih lanjut… ditunggu ya

5. Kalo kelinci tuh pake vitamin orobat apa ga untuk nambah gedenya?
Mungkin ada, tapi kami biasa pake perawatan alamiah aja, ngak pake doping2xan.. kuatir nanti nasibnya sama dengan ayam broiler.. dipaksa gede (

6. Pada suhu brapa sih idealnya untuk lingkungan kelinci?
Semua suhu bisa hidup kok… asal jangan terlalu panas aja. terkecuali klo tu kelinci pindah tempat dari iklim yang berbeda, tu kelinci pasti shock, perlu beradaptasi dengan iklim baru… tapi sangat jarang (jika ada pembelian bibit dari luar negeri)

sumber: http://kelincimagetan.blogspot.com/

40 Responses

  1. haloo,,maav mau tanya,,kotoran kelinci ku pagiini keras,,tapi ko ada kaya gelembung kecl warna biru yah??
    itu kotorannya kan bulet,,ada gelembung biru kecilnya disekotarnya,,takuut,,

    (Admin) Jawab:
    mba nindy terima kasih telah mengunjungi web ini, dari artikel yang pernah kami dapatkan, pada umumnya kelinci yang memiliki kotoran padat itu sehat. Justru yang di khawatirkan itu apabila kelinci itu mencret (tidak padat) yang bisa diakibatkan oleh hal-hal seperti di bawah ini:

    * Kotoran berwarna ijo, dan seperti jelly, penyebab : Terlalu banyak serat/sayuran hijau yg tidak diimbangi dengan lemak, protein, dll(serat > 22%). Pengobatanya kelinci diberi hay(sayur yg sudah dilayukan)

    * Kotoran berwarna gelap, encer : Ada dua kemungkinan, kemungkinan pertama warna gelap berasal dari darah. Pengobatanya harus dengan antibiotik. Kemungkinan kedua kelinci terserang karena terserang bakteri seperti E.colli. Biasanya kelinci hanya bisa bertahan 1-3hari saja. Penangananya harus cepat dengan memberikan antibiotik yg dapat dibeli di dokter hewan.

    Ada tips untuk masalah ini adalah dengan melepaskanya di kandang dan menjemurnya di pagi hari. Selain itu juga bisa dicoba diberi penyegar cap kaki 3 atau flagyl.

    Untuk masalah yang di hadapi oleh kelinci Mba Nindy mungkin ada rekan-rekan pembaca lainnya yang dapat membantu?

  2. maas bila ada kesulitan masalah kelinci silahkan datang kepeternakan kami ,insya allah kami siap berbagi pengalaman

  3. oh ya lupa bila ada yang butuh cepat untuk pengalaman silahkan email ke rabbitkameumeut@gmail.com insya allah kami bantu

  4. Aku punya kelinci jumlahnya 16 buah dari satu induk….gak bisa dihindarin kawin dengan saudaranya sendiri…bagaimana yah ?

  5. untuk menghindari yg demikian cobalah setelah kelinci usia remaja dipisahkan satu2 karena kalau kawin satu keturunan kurang bagus istilahnya inbreeding bisanya hasil anakannya pertumbuhannya lambat dan rentan penyakit atau kadang cacat

  6. Mas aku mau tanya, aku punya sepasang kelinci mini hot-hot. Usia jantan 31/2 bulan dan betina 3 bulan. Dulu waktu mereka masih aku satu kandangkan tidak ada masalah sampai satu saat aku dapati bulu yang jantan kok semakin menipis dan botak2. ternyata bulu tersebut dicabuti oleh yang betina. aku coba bawa ke dokwan (dokter hewan) disarankan untuk diberi tambahan mineral dan vitamin. Lalu kandangnyapun aku pisahkan karena yang jantan makannya lebih banyak.
    Pertanyaanku adalah
    1. apakah normal kelinci betina menggunduli yang jantan?
    2. sekarang ini sering aku satukan kandangnya dan yang terjadi adalah yang betina kadang birahi dan “menaiki” yang jantan sambil …yah itu tadi menggunduli yang jantan. pada usi ini apakah normal kelakuan itu?
    3. aku pernah dengarf kalau kelinci jantan belum pernah kawin paling baik dikainkan dengan kelinci betina yang sudah pernah kawin. tapi kelinciku ini aku dapat dari pet shop dan aku agak kesulitan untuk mengatasi hal ini.

    Terima kasih untuk tanggapannya

  7. untuk yg memakan bulu biasanya karena berbagai faktor
    1.keturunan kanibal biasanya suka memakan bulu dan malah nanti kalau beranak anaknya pun dimakan

    2.adanya masukan gizi yang kurang pada makanannya coba kl pg pelet sore ksh rumput

    3.kl bs jgn disatuin krn kl mkn bulu biasanya lama kelamaan bulu tdk tercerna danmenggumpal akhirnya mati deh

    4.yg betina kl birahi biasanya memang menaiki jantan cuma sayang mungkin jantannya blm birahi cb kl ada ygknl numpang ngawininaja keorang yg dah pnyjantan

    5.kelinci anda mungkin lebih 3.5 bln krnumur segitu biasanya blm birahi

  8. minta info tentang kelinci jenis loop. harga dan usia berapa perpasang. dimana sy bisa survey kelinci di depok

  9. tanggal 13 september kelinci ku jenis hotot ngelahirin anak 6 ekor.
    tapi tanggal 14 september anak kelinci nya mati 4 ekor.
    terus tanggal 16 september yg 2 ekor lagi menyusul kakak2nya.
    ada apa ini?….
    aku sedih bgt…..

    Mungkin susu induknya kurang subur atau malah tidak di susuin
    kl susu induknya krng subur coba induknya kassih makan umbi2an atau dedak yang agak banyakan (hilman.eman@yahoo.co.id)

  10. mas,,kemaren kelinciku sakit mata.trus mati
    kalau boleh tanya apa sih obatnya??q dan kasih daun sirih sama daun poh2an
    soalnya kalaw pake obat mata yg diproduksi PT takut buta tuh
    mohon jawabannya

  11. Saya berminat untuk beternak kelinci sekaligus untuk memanfaatkan pekarangan belakang rumah yang masih kosong. Untuk sementara ini saya telah memiliki 15 kelinci baik besar maupun kecil dan akan saya pelihara terus sampai beranak pinak. Yang menjadi kendala adalah masalah perkandangan. Bagaimana kandang yang baik untuk menjamin kesehatan dan perkembangan kelinci ? Dan bagaimana pula untuk mencegah mencret pada kelinci yang mengakibatkan kematian ?

    Pak Haryo untuk informasi kandang dapat mengunjungi alamat2 ini: (1) http://chandikarabbit.wordpress.com/2008/01/25/membuat-kandang-kelinci-yu/
    dan (2) http://chandikarabbit.wordpress.com/2008/02/21/membuat-kandang-kelinci-lanjutan/
    sedangkan untuk masalah mencret pada kelinci telah kami ulas dalam artikel di atas.

    terima kasih.

  12. kelinciku mencret. warna kotorannya hampir sama kayak kencingnya.
    aku udah kasih kaopecktate 1 kali. kira2 boleh dilanjutin gak? trus dosis nya berapa dan berapa kali sehari?

  13. mas, mau tanya usia kelinci sudah bisa dikawinkan. saya punya 2 kelinci, ngak tahu tipenya.. satu berwarna kelabu betina, yang satu putih jantan.. yang aneh si betina suka ngajak birahi ke jantan.. betinanya agak lebih besar dibanding di jantan.. saya pikir biasa saja tadinya. tapi ketika semakin besar, si jantannya belum mau menunjukkan tanda-tanda birahi tinggi.. pernah suatu ketika si jantan mulai mencoba mendekati tetapi malah si betina yang ngeloyor pergi.. ketika paginya si betinanya yang malah menaiki si jantan, si jantannya dieemmm saja… terus si jantan mencoba mendekati lagi.. eh.. sibetinanya ngeloyor pergi… saya bingung mas… seperti jinak-jinak merpati ..sebagai informasi selama ini ke dua kelinci ini saya satu kandangkan.. terimakasih atas pencerahannya.

  14. mas or mba .. saya mau beli.. tp ksh tau dong lokasi chandika yg lebih jelas.. saya dari arah jakarta .. kalo saya mau mesan kirim bisa gak…?? ongkosnya brp ? pake via apa yah ?
    minimal brp ? jgn mahal2 yah.. anak kampus niyh..

  15. Saya sudah beternak kelinci jenis rex selama 6 bln, mau tanya masalah kandangnya. Untuk alasnya kalau pakai kawat yg 1 cm baik apa tidak? Kandang yg skarang lantai pakai bambu, terlalu rapat kotoran tdk mau turun kalau terlalu renggang kakinya pada masuk terjepit. Makanya mau coba pakai kawat, mohon saran trima kasih

  16. Jika Ada Pertanyaan lainnya seputar Kelinci, bisa email langsung ke MAs Hilman, hilman.eman@yahoo.co.id InsyaAllah Akan di bantu oleh beliau.

    Admin VMG2 Community

  17. mas harga standarnya kelinci tuh brapa ya ??
    udah gitu biar gg di tipu ma penjualnya soal jenis kelaminnya caranya ggimana ??
    thx

  18. UNTUK YANG MEMBUTUHKAN ANAKAN KELINCI REX, ternak kelinci rex di BOYOLALI. hub 085725024005 atau email : harlanzz@yahoo.com

  19. Mas mau tanya, kelinciku ko gak mau makan apa2 ya? tapi gak mencret…

  20. peternak kelinci pertama kali digunung kidul khususnya di kota ponjong lebih lanjut call/sms di 08176701562

  21. Aku tinggal di Pati Jateng, untuk masalah perkelincian masih belum semarak. Mungkin yang ada kenalan yang di Pati, jadi bisa tukar menukar info.

  22. HARLANZ KELINCI BOYOLALI ternak kelinci pedaging jenis flam, hub : 085725024005

  23. Asslm…Mau tanya, saya bru beli kelinci sktr 1 bln, tp saya gk tau jenis klminx, gmn cr mngthui hal tsb. trus, kpn bru bs dkawinkan, trims.

  24. mas/mbak.saya bermaksud membuka usaha kuliner di bekasi juga..disitu menjual kelinci pedaging gak?www.jhonnyerlambang@yahoo.com

  25. aku pernah punya flam umur 5 bulanan tapi mati tanpa gejala,kami di jepara agak panas apa itu penyebabnya.mohon pencerahan

  26. Yang butuh kelinci jenis australia dan turunan anggora ada cukup banyak ,baru pada beranak
    Alamat Fariz Pulodarat Pecangaan Jepara
    HP 08122508712

    • Sedia anakan kelinci Polda Rabbits harga dan kualitas bersaing Fari Pulodarat HP 081 225 08 7612 (Betulin Hp kurang 6 )

  27. kenapa kelinci saya tiddak terlihat sakit tapi badannya sangat kurus tapi makannya sangat lahap kirakira solusinya apa dan obatnya apa

  28. trnaknya d mana mas….?

  29. saya lg cari indukan buat kawin silang bisa bantu ga mas.
    boleh saya minta alamanya ga….?

  30. mau tanya dong!!! saya punya kelinci udah umur sekitar kurang lebih 9 bulan dan baru tadi beli kelinci pejantan umurnya sekitar 5 bulan. yang jantan sih mau ngajakin kimpoi tapi yang betinanya malah kabur dan menjadi galak. kenapa ya kira2? mohon bantuannya

  31. Dijual kelinci pedaging dengan harga 28rb/kg (hidup). Stok yg ada sekarang sekitar 27 ekor kelinci. Bila berminat hubungi : 021-94702130 (hanya melayani wilayah jakarta, bekasi, dan bogor). Terima kasih

  32. izin share info ya om..🙂
    kalau ada yg mencari kelinci potong untuk daerah bekasi dan sekitarnya bisa dilihat di http://fadloilcenter.blogspot.com/, selain mengembangkan kelinci potong juga mengembangkan hewan qurban. terima kasih, semoga bermanfaat.🙂

    • Boleh minta nomer atau alamat’a ga pak, soal’a sya lgi cari kelinci potong.

    • Boleh minta info alamat atau nomer’a pak..kbetulan saya lgi cari kelinci potong..terimakasih

  33. Menyediakan Ras kelinci hias mini (max 1,5kg) terdiri dari Netherland Dwarf, Himalayan dwarf, Jersey Wooly, Lion Head, Holland Lop
    semua dari peternakan sendiri.. silahkan datang & buktikan
    Perum Graha Taman Kebayoran
    0816 1877 608
    021 926 99 234

  34. mau tanya , obat2an utk kelinci jual nga ? seperti untuk kembung atau mencret ?

    • Mau cari kelinci, obat”an atau pun konsuitasi untuk masalah kelinci anda silahkan hub kami di : 08161877608
      Atau kunjungi kami di Graha Taman Kebayoran Blok I No 5

  35. Kalau boleh tau,alamat vila mutiara gading2 di blok brapa ya?di situ jualan kelinci gak

  36. Ay yg pnya ternak kelinci daerah bekasi gk y-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: