Semarak Pekan Raya Bekasi 2011 Di VMG2


gb

VMG2, Tambun Utara – Saat lampu-lampu mulai dinyalakan, hiruk pikuk pengunjung sudah mulai semarak. Para pengunjung lihir mudik, hinggap dari satu stan ke stan lainnya. Sekedar melihat-lihat atau sibuk tawar menawar.

Anak-anak berteriak kegirangan setiap kali menemukan barang baru yang dirasa aneh dimatanya, menarik narik tangan ibunya untuk memberitahu betapa jeli matanya bisa menemukan barang yang menarik. Ada juga yang menangis tak mau beranjak sebelum mendapatkan barang yang diinginkan. Ibu-ibu sibuk menawar barang, menenteng belanjaan. Muda-mudi, bergandengan tangan menikmati menyusuri jalan yang penuh sesak, Minggu malam, (16/07/2011).

Itulah suasana senja hari di Pekan Raya Bekasi yang bertempat di Lapangan terbuka Vila Mutiara Gading 2 Karang Satria Tambun Utara Kabupaten Bekasi, yang akan digelar dari tanggal 15-24 Juli 2009.

Acara ini mengikutsertakan 23 kecamatan, 350 Usaha Kecil Menengah (UKM), puluhan perusahaan dan Instansi pemerintah. Setiap kecamatan membuka stan yang dihias semenarik mungkin dengan menampilkan potensi yang dihasilkan didaerahnya masing-masing. Mulai dari kekayaan sumber daya alam, makanan sampai dengan benda-benda kerajinan. Beragam produk juga digelar oleh para UKM. Para pengunjung seakan disuguhi miniatur Bekasi dalam satu tempat dan waktu.

Seperti misalnya di stan Kecamatan Muara Gembong, produk yang ditampilkan adalah beragam hasil laut. Stan Kecamatan Cibitung, menggelar beragam kerajian tangan seperti terompet, sapu ijuk, dan cinderamata dari kayu. Di stan Serang baru, berbagai hiasan dari kayu juga tertata rapi. Pengunjung tidak hanya bisa menikmati tapi juga membeli barang dengan harga yang cukup miring.

Ada juga stan instansi pemerintah yang mengelar stan, adalah Badan Kependudukan dan Catatan Sipil yang memberikan pelayanan pembuatan akte kelahiran dan akte keluarga. Bagi warga yang tidak mampu, maka layanan ini bisa didapatkan dengan cuma-cuma. Stan Dinas Tenaga Kerja juga melayani pembuatan kartu tanda pencari kerja (kartu kuning), yang bisa langsung jadi saat itu juga. Beberapa perusahaan juga membuka stan untuk menawarkan produknya, seperti Telkom, PLN, Bank Jabar, Bakrie Telkom dan PT. BBWM.

Bagaimana jika haus atau lapar, tidak usah khawatir. Di sini banyak stan yang menyediakan aneka makanan dan minunuman, hanya sayangnya “bekasiterkini.com” tidak menemukan makanan khas Bekasi seperti Sayur Gabus Pucung dan Nasi uduk.

Semakin malam suasana semakin semarak, panggung berukuran besar berdiri di tengah lapangan untuk menampilkan pertunjukan. Ketika musik mulai dihentak, ratusan pengunjung ikut bergoyang mengikuti irama. Selama acara ini digelar, setiap malam pengunjung akan disuguhi dengan berbagai pertunjukan kesenian. Dari mulai Topeng, dangdut dan penampilan grup band.

Acara ini dibuka oleh Bupati Bekasi, Sa’duddin, Jumat siang (15/07/2011). Saat membuka acara, Sa’duddin mengatakan, bahwa keberadaan UKM Bekasi seharusnya bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama terkait dengan peningkatan ekonomi kerakyatan dan mengurangi pengangguran.

Sayangnya, kata Sa’duddin, keberadaan UKM sampai saat ini belum terdata dengan baik sehingga upaya pembinaan yang dilakukan menjadi tidak maksimal. Sa’duddin berharap, setiap kecamatan mulai menyusun database UKM dan potensi yang ada di daerahnya.

“Tahun 2011 diharapkan sudah bisa masuk pada pemberdayaan masyarakat secara langsung” ujar Sa’duddin.

Sadudin menambahkan kegiatan Pekan Raya Bekasi tahun ini menekankan pada produk-produk unggulan Kabupaten Bekasi yang mana salah satunya adalah kerajinan batik yang dimiliki oleh Kabupaten Bekasi. Nantinya, kata dia, corak batik-batik yang ada akan dilombakan untuk dijadikan ikon batik Kabupaten Bekasi

Sa’duddin mengatakan, UMKM akan difasilitasi untuk menjadi produk unggulan yang dapat mengangkat Kabupaten Bekasi itu dengan bantuan permodalan yang dianggarkan oleh pemerintah daerah.

“Pemda akan memberikan bantuan permodalan UMKM. Hal ini untuk penguatan ekonomi kerakyatan,” kata Sa’duddin.

Setelah membuka acara, Sa’duddin didampingi oleh istri dan petinggi Pemkab Bekasi melakukan kunjungan keliling di stan-stan kecamatan yang ada. Setiap kali mengunjungi stan, Sa’duddin menyempatkan diri berbincang-bicang dengan penjaga stan utuk mengetahui produk barang yang ditawarkan. Dalam kesempatan itu, para pengerajin menyempatkan diri untuk berpose dengan Bupati dan memberikan cinderamata. (Ardi Mahardika)

Sumber:  bekasiterkini.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: