Wali Kota Bekasi Ditahan KPK


JAKARTA–MICOM: Setelah mendatangi Gedung KPK sejak pagi hingga petang, Senin (13/12), Wali Kota bekasi Mochtar Mohammad resmi ditahan di Rumah Tahanan Salemba.

Mochtar disangkakan tiga kasus korupsi, yakni kasus suap perolehan penghargaan Adipura Bekasi, pemungutan dana partisipasi kepada kepala dinas untuk mempercepat pengesahan APBD 2010, dan penyalahgunaan APBD 2009 untuk kepentingan pribadi (pelunasan kredit multiguna) dengan cara mark up dan SPJ fiktif.

Sirra Prayuna, kuasa hukum Mochtar, menilai penahanan kliennya tidak adil dan diskriminatif. “Kita bisa melihat beberapa perkara tindak pidana korupsi yang tingkat kerugiannya jauh lebih besar, tetapi karena dia berkorelasi dengan kekuasaan negara, dia sama sekali terproteksi dari penahanan. Sementara ini kasus kecil, suap, kemudian langsung ditahan,” ujarnya.

Sirra mengatakan akan mempertimbangkan untuk melakukan langkah-langkah hukum dalam menyikapi penahanan tersebut.

“Beri kami kesempatan untuk mengkaji dahulu dalam mengambil langkah-langkah hukum. Hari ini sesungguhnya Mochtar sangat kooperatif, dan memenuhi panggilan sebagai warga negara yang taat dan patuh hukum,” lanjutnya.

Namun Sirra mempertanyakan keputusan KPK terhadap penahanan Mochtar yang dilakukan tanpa melalui proses pemeriksaan terlebih dahulu, melainkan langsung dikeluarkan surat perintah penahanan dari wakil ketua KPK Haryono.

Mochtar Mohammad disangkakan melanggar Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 dan/ atau Pasal 5 ayat (1) atau Pasal 5 ayat (1), Pasal 12 huruf e atau huruf f, Pasal 13 Jo Pasal 15 UU No 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU No.20 tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-undang No 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 dan pasal 65 ayat (1) KUHPidana. (OL-3)

Sumber: www.mediaindonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: