Pada 2013 Kota Bekasi tidak Terkendala Jalan Rusak


BEKASI–MICOM: Hingga kini, kondisi fisik jalan di penjuru wilayah Kota Bekasi masih memprihatinkan. Minimnya anggaran menjadi persoalan yang dikeluhkan pemerintah daerah setempat.

Dampak dari hal tersebut, banyak jalan tidak bisa diperbaiki. Sejumlah jalan baik tingkat kota maupun lingkungan terus diusik oleh kerusakan dengan level bervariatif mulai dari rusak sedang hingga berat.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Binamarga pada Dinas Binamarga dan Tata Air (Disbimarta) Kota Bekasi, Lindon Tampubolon, Senin (6/12) kemarin. “Kerusakan dan perbaikan tidak bisa diprediksi. Kenyataan ini menjadi penyebab utama perbaikan menyeluruh lamban direalisasikan,” kata dia.

Di sisi lain, lanjutnya, anggaran merupakan tolak ukur penyelesaian masalah bisa dilakukan. Disbimarta pada tahun ini hanya mendapat dana Rp170 miliar atau jauh dari harapan pemulihan seluruh kerusakan. Anggaran Rp170 miliar, ucap Lindon, hanya bisa digunakan untuk perbaikan 120 km. Dana sebesar itu bukan hanya untuk perbaikan semata, perawatan dan pemeliharaan jalan masuk dalam agenda kerja.

Lindon mengaku panjang jalan di Kota Bekasi sekitar 1.000 km. Perinciannya, 225 km jalan kota dan 775 jalan lingkungan. “Dana perbaikan lebih banyak terserap untuk jalan kota atau jalur utama aktivitas industri dan kegiatan pemerintah.”

Sejauh ini, tambah dia, kerusakan jalan kota tinggal 15%, sedangkan jalan lingkungan menyisakan 30%. Artinya, pada 2013 seluruh jalan telah rapi dari lubang penghambat laju kendaraan.

Skala prioritas perbaikan jalan, imbuhnya, merupakan konsep Wali Kota Mochtar Mohamad. Pencapaian program tersebut dipastikan berhasil mengingat tiap tahun pemerintah gencar memperbaiki kerusakan. “Kemungkinan pada 2013 bisa dijumpai jalan telah bebas rusak dan masyarakat tidak terganggu saat lakukan rutinitas.” (*/OL-10)

Sumber: www.mediaindonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: