Sulap Garasi Jadi Ruang Tamu


Terbatasnya lahan memang menjadi kendala klasik bagi yang tinggal di perkotaan. Akibatnya, ruang-ruang yang ada tidak mencukupi kebutuhan seluruh anggota keluarga.

Berbagai cara dilakukan untuk mengakali lahan terbatas, seperti yang dibuat pemilik rumah yang satu ini. Di area seluas 36 m2, ruangan untuk menerima tamu dianggap tidak mencukupi sehingga kemudian garasi dialihfungsikan sebagai ruang tamu.

Agar ruang tamu tak tampak kosong melompong, di sana-sini diberi pot yang berisi tanaman hias daun. Si pemilik rumah memang suka sekali menanam tanaman untuk menghijaukan rumahnya. Sengaja ia pilih tanaman hias daun yang tidak berbunga, karena pemeliharaannya lebih mudah dibandingkan tanaman berbunga. Selain itu, tanaman hias daun bisa tumbuh di daerah teduh alias tidak terkena sinar matahari langsung.

Walaupun garasi Anda luas, jangan memenuhi garasi dengan perabot karena tampak depan rumah Anda akan terlihat “penuh”, dan bisa menghambat sirkulasi orang untuk keluar-masuk rumah. Cukup letakkan satu meja ditambah satu bangku panjang dan satu bangku pendek. Dan jangan lupa, sering-seringlah membersihkan perabot ini karena pasti mudah dihinggapi debu.

TIP
Agar ruang tamu ini tampak lebih indah, Anda bisa meletakkan lukisan atau foto di dinding. Sesuaikan jenis lukisan dengan dinding rumah. Jika dinding Anda berwarna ngejreng (agak menyala), sebaiknya gunakan lukisan atau gambar yang tidak menggunakan warna terlalu banyak, misalnya foto yang berwarna hitam-putih. (rma / foto: tnr)

Kuping gajah, sirih gading, dan daun bahagia termasuk tanaman yang suka di tempat teduh.

Kolong meja tak harus digunakan untuk meletakkan majalah. Pot-pot berukuran sedang bisa jadi penghijau ruang tamu Anda.

Dua pot kecil bisa diletakkan di tembok pagar. Jangan gunakan pot berukuran besar karena akan menghalangi tampak rumah. Jenis tanaman yang digunakan bisa tanaman berbunga atau tanaman berdaun seperti lili paris ini.

Sumber: www.tabloidrumah.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: