Proyek Pelabuhan Laut Bekasi Dimulai seusai Lebaran


Pembangunan Pelabuhan Laut Internasional Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, akan dimulai pada September 2010 dengan waktu pengerjaan selama tiga tahun.

“Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Pelabuhan Internasional di Kabupaten Bekasi antara bupati dan pihak ketiga, telah berlangsung, Selasa (10/8). Pembangunannya dimulai setelah Lebaran,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi Jamary Tarigan di Cikarang, Jumat (20/8).

Seharusnya, kata dia, proses pembangunan PLI dilakukan beberapa saat setelah penandatanganan PKS. Namun, karena waktunya jatuh satu hari sebelum Ramadan, pembangunan ditunda dulu.

“Pembangunan akan dimulai setelah hari raya Lebaran dengan dilakukan sosialisasi pekerjaan yang melibatkan stakeholder di sana,” kata Jamary Tarigan.

Dikatakan Jamary, Bappeda bersama Dewan sudah membicarakan akses jalan menuju pelabuhan, dan sekarang sedang disiapkan Detail Engeneering Design (DED), serta pembebasan lahan di sekitar kawasan PLI.

“Sekitar 1,2 km lagi lahan yang belum dibebaskan dari pertigaan ke PLTGU sampai ke Cikarang Bekasi Laut (CBL) dengan lebar 34 meter, kami upayakan akses jalan menuju pelabuhan dapat segera direalisasikan,” katanya.

Hal tersebut untuk mempermudah pembangunan pelabuhan dengan dukungan sarana infrastruktur yang memadai. “Pelabuhan diperkirakan rampung pada 2013,” ujarnya.

Menurut Jamary, pelabuhan akan dikelola oleh badan usaha milik daerah (BUMD) untuk mengurus badan usaha pelabuhan (BUP) karena setiap BUMD yang akan bergerak di bidang pelabuhan harus memiliki izin. (Ant/OL-2)

Sumber :  www.mediaindonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: