Sensus Penduduk


Kepada yth anggota VMG2Community

sedikit informasi tentang kegiatan Sensus Penduduk yang kini tengah dilakukan oleh pemerintah:

Informasi Umum:
Sensus Penduduk merupakan kegiatan pengumpulan data mengenai karakteristik (ciri) penduduk Indonesia. Secara umum Sensus Penduduk dapat disebut sebagai penghitungan atau pendataan seluruh penduduk Indonesia.

Sensus Penduduk tahun 2010 (SP2010) bertujuan untuk mendapatkan data dasar kependudukan berupa jumlah dan karakteristik penduduk seperti: nama, pendidikan, jenis kelamin, kelahiran, kematian, dll. Hasil SP2010 bermanfaat untuk menyusun statistik kependudukan sampai dengan wilayah administrasi terkecil. Hasil SP2010 juga digunakan untuk menghitung proyeksi penduduk dimasa datang yang sangat dibutuhkan dalam penyusunan rencana dan evaluasi pembangunan.

Tanggal pendataan:
1-31 Mei 2010

Proses Pendataan:
1. Tahap pertama, petugas sensus dengan dilengkapi surat tugas dan tanda pengenal berlogo SP2010 akan mendatangi setiap bangunan dan rumah tangga untuk melakukan pendaftaran dan pemasangan stiker SP2010. Tahapan ini disebut dengan istilah “listing”, dilakukan pada tanggal 1-8 Mei 2010. Pada tahapan ini petugas hanya akan mengamati dan mendaftar bangunan, menanyakan nama kepala rumah tangga, menanyakan jumlah anggota rumah tangga berdasarkan jenis kelamin, lalu menempelkan stiker SP2010.

2. Tahap kedua, petugas sensus akan datang kembali untuk mendata informasi setiap rumah tangga dan semua orang yang tinggal di rumah tangga. Tahapan ini dikenal dengan intilah “pencacahan lengkap”, dilakukan pada tanggal 9-31 Mei 2010. Pada tahapan ini akan diajukan berbagai pertanyaan antara lain berkaitan dengan: (1) mengenai keterangan anggota rumahtangga terkait karakteristik dasar demografi (seperti jenis kelamin dan umur), (2) pendidikan, (3) ketenagakerjaan, (4) keterangan sosial-budaya (agama, suku dan bahasa sehari-hari), (5) kelahiran, (6) kematian, (7) migrasi, (5) karakteristik bangunan tempat tinggal (kondisi dan fasilitas).

Atribut Petugas:
Setiap petugas dibekali dengan surat tugas dari BPS. Di leher petugas juga tergantung tag name sebagai identitas. Selain itu, ciri khas lainnya adalah memakai rompi warna biru dan topi warna yang sama.
Khusus rompi, bagian punggung terdapat tulisan berwarna oranye dengan landasan hitam. Tulisan yang dicetak dari bahan karet ini bertuliskan Petugas SP 2010. Dibawah tulisan, terdapat garis spot light berwarna hijau terang. Garis selebar satu centimeter ini akan memantulkan cahaya bila dipakai malam hari.
Bagian depan rompi, terdapat empat kantong beda ukuran. Dua kantong dbagian perut samping, dan dua lagi yang ukurannya lebih kecil di bagian dada. Dada bagian kanan atas terdapat lambang sensus penduduk  2010. Sedangkan bagian kiri, ditempelkan lambang BPS. Sama dengan bagian belakang, dua lambang dibagian dada in juga berbahan dasar karet. Bukan sablon ataupun tempelan sablon.
Ciri-ciri petugas ini sama di seluruh Indonesia. Selain itu, petugas juga dibekali tas sandang warna  hitam. Bila masih meragukan, warga boleh minta surat tugas mereka sebagai petugas sensus.

Informasi lain:
1.Tidak ada biaya apapun yang dipungut kepada warga, jika ada petugas yang memungut biaya harap bapak/ibu sekalian menolaknya dan jika bisa mencatat nama petugas tersebut untuk dilaporkan.

2.Hati-hati dengan orang yang memanfaatkan momen sensus penduduk ini untuk melakukan kejahatan, pastikan petugas menggunakan atribut petugas sensus penduduk dan bisa menunjukkan surat tugas jika diminta.

3. Jika sampai tanggal 9 Mei rumah bapak/ibu sekalian belum juga didatangi petugas untuk dilisting, silahkan melapor.

4. karena proses pengumpulan data dalam sensus penduduk ini dilakukan dengan cara wawancara langsung dengan rumah tangga, jika ada petugas yang mendatangi RT/RW untuk meminta rekap catatan penduduk/salinan kartu keluarga mohon untuk tidak dilayani. namun sebaiknya diberi saran kepada petugas tersebut kapan kira-kira sebaiknya petugas datang sehingga dia bisa menjumpai warga di lingkungan RT/Rw tersebut.

5. walaupun sebaiknya pendataan anggota rumah tangga dilakukan dengan setiap anggota rumah tangga yang bersangkutan, namun proses ini bisa diwakili oleh anggota rumah yang dianggap mengetahui informasi yang berkaitan dengan anggota rumah tangga lainnya.

Mari kita sukseskan sensus penduduk dengan menjawab pertanyaan petugas sensus secara jujur dan lengkap.

Pengirim:

Bpk. Dena Drajat (C15/08)

dena_drajat@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: