Kondisi Pemadam Kebakaran Bekasi Memprihatinkan


BEKASI–MI: Kondisi sarana dan prasarana pemadam kebakaran (damkar) Kota Bekasi, Jawa Barat, terbilang memprihatinkan. Selain hal unit kendaraan, keberadaan gedung dan mess
anggota pemadam kurang layak.

Saat ini, hanya empat unit kendaraan pemadam kebakaran (Damkar) bisa dioperasikan mengamankan Kota Bekasi dari bencana kebakaran.

Kepada Media Indonesia, Minggu (17/1), Kepala Seksi (Kasie) Damkar pada Dinas Penataan dan Pengawasan Bangunan (P2B) Kota Bekasi Bambang Sulistio menjelaskan dari 11 unit kendaraan dinas pemadam hanya empat yang bisa beroperasi. Sisanya ibarat barang rongsok yang teronggok dikantor.

“Bagaimana kendaraan dapat beroperasi memadamkan api jika terjadi kebakaran sebab unit kendaraan minim,” katanya.

“Sudah beberapa kali kami (damkar) mengajukan penambahan armada maupun perbaikan namun tidak kunjung terealisasi,” tambahnya.

Bambang menuturkan, selain kondisi unit kendaraan, fasilitas gedung dan kamar tidur personel tergolong perlu pembenahan. “Kasur tidur sudah tidak layak dan banyak atap bocor di tiap sudut ruangan kantor.”

Lebih jauh, kata dia, sedikitnya 51 anggota damkar terus mengeluhkan fasilitas yang seharusnya perlu pembenahan agar bisa meningkatkan kinerja. “Banyak musibah kebakaran di wilayah ini. Semua bisa teratasi jika pemerintah merespon keluhan kami (damkar).”

Kota Bekasi terdapat 56 kelurahan yang tersebar di 12 kecamatan. Wilayah yang luas tersebut tidak mampu dijangkau dengan empat unit kendaraan pemadam. Saat ini kota Bekasi kerap meminta armada bantuan dari wilayah lain jika terjadi musibah kebakaran. (GG/OL-03)

Sumber: www.mediaindonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: