Pemkot Bekasi Siapkan Rp600 Juta untuk Basmi Kaki Gajah


Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menyediakan dana senilai Rp600 juta dalam APBD untuk menanggulangi penyakit filariasis atau penyakit kaki gajah yang masih berjangkit di daerah itu.

“Dana itu akan digunakan untuk meningkatkan pemahaman warga terhadap penyakit tersebut serta membeli obat-obatan yang akan dibagikan ke Puskesmas,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi dr Retni Yonti di Bekasi, Minggu (6/12). Di Kota Bekasi ditemukan 46 penderita filariasis, dua di antaranya sudah meninggal dunia.

Ia mengatakan, didasarkan survei darah jari endemis, masih terdapat 3,1 persen warga yang berpotensi terserang filariasis. Sementara, batas toleransinya hanya satu persen. “Ancaman penderita penyakit tersebut masih tinggi. Kami akan dan telah membagikan obat kaki gajah kepada sekitar 1 juta lebih penduduk Kota Bekasi secara bertahap dalam upaya memberantas penyakit tersebut,” ujarnya.

Selain sosialisasi atas bahaya penyakit yang membuat organ tubuh penderita membesar hingga menyebabkan penderitanya sulit beraktivitas serta rasa malu itu terus dilakukan ke seluruh kecamatan di Kota Bekasi. Pihaknya akan terus menggalakkan sosialisasi kebersihan lingkungan
sebagai upaya memberantas nyamuk penyebar penyakit kaki gajah. “Tanpa peran masyarakat dalam menggalakkan kebersihan lingkungan, ancaman penyakit filariasis akan terus menghantui warga,” ujarnya.

Penyakit tersebut mulai diderita warga Kota Bekasi sejak 1998. Pada 2002, daerah itu ditetapkan sebagai daerah endemis kaki gajah. Data jumlah penderita 46 orang itu, menurut alumni kedokteran Unand itu, bukan data riil karena angka penderita diperkirakan mencapai ratusan orang. “Kami meminta warga masyarakat yang merasakan ada anggota tubuhnya membengkak atau membesar segera memeriksakan diri ke rumah sakit atau puskesmas. Gejala awal yang secara kasat mata mudah dilihat adalah pembengkakan,” ujarnya. (Ant/OL-04)

Sumber : www.mediaindonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: