Rumah Susun Bekasi segera Disewakan


Rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) di Kota Bekasi yang berlokasi di Kelurahan Bekasi Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jabar, sebanyak 95 unit segera disewakan setelah dilakukan perbaikan dengan dana Rp1,6 miliar.

Sekretaris Dinas Penataan dan Pengawasan Bangunan (P2B) Kota Bekasi Hasbullah, Minggu (30/8), mengatakan, rusunawa sebenarnya telah selesai dibangun, namun akibat belum diserahkan oleh Dinas Bina Marga, beberapa komponen di bangunan dirusak tangan jahil hingga perlu diperbaiki.

“Usai perbaikan, kita segera akan mengumumkan kepada warga yang berkeinginan tinggal di sana. Kita sangat sesalkan adanya pihak-pihak yang mengambil beberapa peralatan di rusunawa hingga mengganggu fasilitas seperti listrik dan air,” ujarnya.

Perbaikan yang dilaksanakan berupa instalasi listrik, air serta sarana umum lainnya.

Ia mengatakan, nantinya rumah susun itu akan disewakan dengan harga terjangkau, agar warga masyarakat bisa terbantu mendapatkan rumah layak huni di lokasi strategis dengan harga murah.

Aparat Dinas Penataan hingga kini masih mengkaji berapa nilai sewa yang wajar dan tidak memberatkan, namun bisa memberikan kontribusi bagi pendapatan asli derah (PAD).

“Kebetulan ada beberapa Rusunawa yang sudah digunakan di daerah lain, dan kita akan pelajari bagaimana konsep sewanya. Di Kota Depok misalnya, rusunawa yang dikelola Pemkot disewakan sebesar Rp200 ribu per unit per bulan,” ujarnya.

Ia berharap akhir 2009 rusunawa itu sudah bisa ditempati warga Kota Bekasi.

Untuk pengikatan sewa menyewa, nantinya ada beberapa aturan yang harus disetujui bersama antara penyewa dan UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah) Rusunawa.

Kontrak itu akan ditandatangani bersama yang memuat beberapa klausul tentang hak dan kewajiban, sementara penyewa dipastikan penduduk ber-KTP Kota Bekasi.

“Kita pasti menolak kalau warga dari luar Kota Bekasi. Penyewa harus membuktikan diri memiliki KTP Kota Bekasi dan pegawai UPTD-lah yang menyeleksi calon penghuni,” ujarnya. (Ant/OL-7)

Sumber: www.mediaindonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: