Filariasis Serang Warga Bekasi


Kasus penderita penyakit menular kaki gajah (filariasis) di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mencapai 83 kasus, 80 persen diantaranya berstadium lanjut dan sulit disembuhkan.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Rudi Ruhdiat, di Cikarang, Senin, mengatakan kandungan mikrofilaria di Kabupaten Bekasi mencapai 1,13 persen melebihi ambang batas normal sebesar satu persen.

“Kecamatan yang paling berpotensi terkena penyakit tersebut adalah Kecamatan Babelan, karena kandungan mikrofilarianya mencapai 3 persen,” katanya.

Menurut Rudi, sejak ditemukannya kasus kaki gajah pada tahun 2003, pihaknya sudah melakukan langkah antisipasi melalui pengobatan massal. Namun, kegiatan yang berlangsung sejak tahun 2003 hingga 2008 hanya mencakup 15 desa dari 187 desa di wilayah Kabupaten Bekasi.

“Dari total 83 kasus, 20 persennya sudah berhasil disembuhkan melalui pengobatan massal,” katanya.

Mulai tahun ini, kata dia, dana dari APBD 2009 sebesar Rp2,3 miliar dan untuk tahap kedua pengobatan masal akan dilakukan untuk menangani persoalan penyakit kaki gajah di 187 desa di Kabupaten Bekasi. Diantaranya, Desa Mangunjaya, Karang Satria, dan Setu. (Ant/OL-02)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: