KUCURAN KREDIT BTN, BTN Patok Pertumbuhan Kredit 14,8%


JAKARTA. Di saat bank lainnya memilih untuk mengurangi penyaluran kredit, Bank Tabungan Negara (BTN) justru berniat akan memperbesar kucuran kreditnya. BTN menargetkan pertumbuhan kredit di akhir tahun 2009 sebesar 14,8%.

Untuk mencapainya, BTN memutuskan menurunkan bunga kredit. Bunga kredit pemilikan rumah (KPR) akan mereka diturunkan 0,5%, dari 14,5% menjadi 14% terhitung mulai 1 April mendatang.

Optimisme BTN berpangkal dari kenaikan realisasi kredit BTN pada awal tahun ini. Senin (23/3), Direktur Kredit BTN Purwadi memaparkan, per Januari tahun ini BTN telah mengucurkan kredit baru sebesar Rp 772 miliar, naik Rp 148 miliar dibanding kredit baru sepanjang Desember 2008.

Pada Februari, kredit baru bertambah lagi Rp 409 miliar. Jadi dalam dua bulan pertama di tahun 2009, BTN sudah menyalurkan kredit baru Rp 1,181 triliun.

Direktur Utama BTN Iqbal Latanro menambahkan, krisis tak mempengaruhi permintaan kredit dari masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah yang selama ini menjadi pangsa pasar BTN.

BTN juga yakin pasar makin terbuka lebar karena krisis ekonomi menyebabkan bank lain justru mundur dari pembiayaan KPR. “Kami tampaknya jadi pemain tunggal kredit KPR tahun ini.” katanya.

Meski target pertumbuhan kredit cukup tinggi, sejatinya target tahun ini jauh lebih kecil ketimbang tahun lalu. Sebab, kredit BTN tumbuh hingga 43,34% pada 2008, atau melebihi rata-rata pertumbuhan kredit secara nasional yang sebesar 29%. Nilai kredit BTN di akhir Desember 2008 sebesar Rp 32 triliun, naik Rp 9,7 triliun dibandingkan saldo di akhir 2007 yang Rp 22,3 triliun.

Iqbal berjanji, BTN tak akan membatasi pertumbuhan kredit 14,8% saja. Kalau memang nanti permintaan kredit KPR tetap tinggi, BTN akan berupaya untuk tetap melayaninya.

Namun, BTN akan tetap berhati-hati agar kredit bermasalah atawa non-performing loan (NPL) tak membengkak. “Kami pertahankan NPL agar tetap di bawah 4%,” kata Iqbal. Pada Maret 2009 ini, NPL BTN sebesar 3,18%.

Ade Jun Firdaus KONTAN
Sumber: Kontan.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: