Ebook: Jaringan Internet Kebersamaan RT-RW-Net


cover

Pengantar

Buku ini dibuat berdasarkan pengalaman membangun jaringan Internet di kota Bogor, sejak 1 Juli 1995, dan pengalaman melakukan roadshow seminar dan workshop RT-RW-Net di 22 kota besar di seluruh Indonesia, dimana dijumpai seribu satu macam kesulitan yang pada intinya bisa dibagi menjadi tiga masalah besar, yaitu :

• Ketersediaan dan keterbatasan infrastruktur telekomunikasi

di Indonesia, terutama di kota-kota kecil

• Kemampuan masyarakat untuk belajar dan mengadaptasi

Teknologi Informasi

• Daya beli masyarakat untuk memanfaatkan Teknologi Informasi

Buku ini hanya bisa memberikan solusi di point satu dan dua, sedang peningkatan daya beli untuk memiliki computer hubungannya erat dengan sistem ekonomi Indonesia. Selama empat tahun membangun jaringan Internet, penambahan pemakai Internet sangat lambat sekali, sehingga akhirnya dilakukan terobosan membuat seminar dan workshop dengan lebih sering, untuk bisa membuat pinter

masyarakat sekeliling, sehingga diyakini akan menumbuhkan kebutuhan akan penggunaan Teknologi Informasi dan Internet.

Konsep RT-RW-Net ini muncul dari keadaan frustrasi terhadap pemasok infrastruktur yang tidak mampu menjawab tantangan kebutuhan akan pemanfaatan jaringan Internet, sehingga diakhir tahun 1999 penulis bersama-sama tetangga di perumahan Baranangsiang Indah Bogor, berusaha untuk membangun jaringan kebersamaan, yang kemudian dikenal sebagai RT-RW-Net.

Suka duka pembangunan RT-RW-Net dicoba untuk diungkapkan

dalam buku ini, termasuk masalah teknis yang merupakan

tulang punggung keberhasilan jaringan RT-RW-Net, disamping masalah sosial – ekonomi yang juga punya peran yang cukup signifikan.

Terima kasih saya sampaikan kepada tetangga di Baranangsiang Indah – Bogor, yang sudah mau berbagi susah dan senang dalam pembangunan ini, untuk Pak Lucky, Pak Djoko, Mas

Taufik, dan tetangga lainnya. Semoga konsep ini bisa diterapkan diseluruh peloksok Indonesia, sehingga bisa bermanfaat bagi bangsa Indonesia.

Bogor, November 2003

Michael S. Sunggiardi


Download klik disini.

E-Book ini di persembahkan kepada seluruh orang yang membutuhkannya dengan tujuan non-komersial dan tanpa maksud untuk merugikan sang penulis. Dasarnya bersumber pada publikasi online gratis atau dokumentasi yang tidak diperdagangkan lagi. Jika buku ini masih diperdagangkan, kami tetap menyarankan Anda untuk membeli versi cetaknya agar dunia perbukuan di Indonesia terus maju dan berkembang dengan pesat.

2 Responses

  1. yuk kita bangun RT/RW Net di VMG2

  2. trima ya boss atas ilmunya semoga berguna untuk saya.dan bpk di kasih riski dan umur yang panjamg amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: