Kecerdasan anak bergantung pada Anda


Dikirim oleh: bun_anik
Beberapa waktu yang lalu saya dan si kecil, dhila, nonton dvd Bee Movie, filmya bagus banget. Selain gambarnya bagus, ceritanya juga bagus. Saya dan dhila suka sekali menontonnya. Di film itu ada kata-kata yang memberi ispirasi saya untuk berbagi pengalaman bersama ortu lainnya. “Usaha kecil yang dilakukan secara konsisten dan baik akan memberikan hasil yang besar” begitu kira-kira terjemahannya😉.
Hal kecil untuk yang besar…..
Memang benar, dalam mendidik anak yang perlu dilakukan hanyalah hal-hal kecil tapi tahukah anda bahwa hasilnya amatlah sangat besar. Ini saya sadari setelah Dhila berusia 3 tahun sekarang. Perkembangan dan cara berpikir dan bertingkah lakunya amat menakjubkan. Di usianya kini ia dapat dengan lancar menghitung 1-10 in indonesia n in english, sudah bisa matematika dasar berhitung, menyayikan berpuluh-puluh lagu anak-anak, punya berpuluh-puluh kosakata dalam bahasa inggris, punya manner yang bagus (tolong, terimakasih dan maaf) dan lain-lain.

Yang saya lakukan hanyalah hal-hal kecil dan tidak mengharapkan dhila bisa, hanya memberi saja. Sekali lagi hanya memberi saja. Ternyata dengan begitu dhila tidak merasa  terbebani harus bisa dan malah bisa-bisa sendiri😉.

Hal-hal kecil tersebut misalnya :

ketika bayi, setiap saya memandikannya saya selalu bilang “ini  rambutnya bunda kasih sampo”- lalu saya menyentuh rambutnya, “Ini telinga” – sambil saya sentuh telinganya dan semua bagian tubuh lainnya. Begitu seterusnya setiap mandi. Kemudian usia 1 tahun saya tambahin kosakatanya menjadi  “ini mata, bahasa inggrisnya eyes, ini hidung bahasa inggrisnya nose dst. Tentu saja sambil menyentuhnya.

Hampir semua benda di rumah yang berhubungan dengan dhila saya sebutkan dihadapannya. Dhila juga saya belikan cd-cd brainy baby yang isinya bagus banget. Tapi tentu saja ada batasannya, tidak melulu nonton tv. Kemudian saya biasakan membaca buku dan selalu mengatakan padanya bahwa buku amatlah menyenangkan.

Walhasil tanpa disangka-sangka suatu hari dhila melihat-lihat bukunya, dan di sana ada gambar mata, dhila menyebutnya “eyes” saya kaget dan ketika saya tanya yang lain ternyata bisa juga.

Begitu juga dengan angka-angka, ketika dhila bermain-main dengan komputer, dhila menekan tombol 4 lalu bilang “bunda dhila bikin angka 4” dan sebagainya. Dhila bisa dengan sendirinya. Dan masih banyak kejadian-kejadian hebat lainnya.

Nah, marilah kita sekarang mulai dengan hal-hal kecil. Pokoknya dilakukan dengan senang hati, konsisten dan tanpa mengharapkan apa-apa.

Wassalam

One Response

  1. thank infonya

Leave a Reply

