Alternatif Obat mujarab di rumah


Untuk pertolongan pertama, obat ‘rumahan’ alias resep turun-temurun dari bahan tradisional cukup mujarab juga (dan aman) untuk meredakan gangguan atau penyakit si kecil

Batuk
* Oleskan dada si kecil dengan obat gosok yang berbahan dasar konsentrat mint dan minyak kayu putih. Begitu panas, tumbuk bawang merah dengan minyak kayu putih, lalu oleskan ke sekujur badannya. Biasanya si kecil langsung berkeringat, dan panas badan pun turun. Aroma mentol dari mint dan minyak kayu putih memang mampu melonggarkan saluran pernapasan, disamping melegakan hidung tersumbat. Sementara itu, ada sejumlah zat dalam bawang merah yang memang berkhasiat menurunkan panas tubuh.

* Bisa juga tambahkan lima tetes minyak lavender, tea tree (bisa didapat dari produk Body Shop, misalnya) dan minyak kayu putih, dicampur ke dalam satu sendok makan minyak sayur biasa, kemudian digosokkan pada dada si kecil. Si kecil akan rileks dan tidur nyenyak. Lavender punya kemampuan untuk membuat rileks, sedangkan minyak tea tree berfungsi sebagai antiseptik.

* Pendekatan lain yang juga bisa membantu: teteskan minyak kayu putih  ke dalam bak mandi berisi air hangat. Namun, hati-hati ketika mengusapkan minyak esensial pada kulit anak. Encerkan dulu selama beberapa kali dengan minyak sayur – dua tetes per satu sendok makan minyak adalah takaran yang pas – untuk menghindari iritasi kulit. Perlu dicatat, minyak kayu putih atau minyak esensial bersifat panas. Makanya, bisa menimbulkan iritasi, jika diberikan secara berlebihan. Dan jangan gunakan mentol untuk bayi di bawah enam bulan.

* Teh tetap oke, bahkan untuk bayi sekalipun. Didihkan teh peppermint serta biarkan si kecil menghirup uap yang membantu melonggarkan saluran pernapasan dalam jarak aman, kata Zand. Dan begitu teh sudah tidak terlalu panas, biarkan ia meminumnya – takaran aman bayi adalah satu atau dua sendok makan. Bagaimana kalau batuk yang menggelitik tiba-tiba terjadi ketika anak baru mau tidur? Coba praktekkan sentuhan yang menenangkan: Usap-usaplah punggung anak dan nyanyikan lagu nina bobo…

Tumbuh gigi
* Buatkan minyak cengkeh untuk diteteskan atau dioleskan pada area gigi yang sakit. Penelitian memang menunjukkan bahwa minyak cengkeh bisa membuat saraf jadi mati rasa alias menghilangkan rasa sakit. Encerkan saja setetes minyak cengkeh dalam minyak sayur, lalu oleskan pada area gigi yang sakit dengan tangan Anda atau kain katun. Perlu dicatat, terlalu banyak minyak yang pure bisa membakar dan melepuhkan gusi.

* Entah mengapa campuran dari berbagai bahan yang diencerkan bisa begitu efektif mengatasi penyakit anak. Namun nyatanya beberapa studi menyatakan obat-obatan itu cukup ampuh. Dan, karena diencerkan sedemikian rupa, obat tersebut cenderung aman untuk anak-anak di segala usia. Jadi, tidak ada salahnya sesekali mencoba.

Sakit tenggorokan
* Secara alami, permen atau obat pelega tenggorokan bisa meredakan sakit tenggorokan. Tapi, jangan sekali-kali diberikan pada anak usia empat tahun dan di bawah itu. Bukan apa-apa, ia berisiko tersedak! Kalau Anda ingin tetap memberikannya pada si kecil, larutkan dulu permen atau obat itu dalam teh. Setelah itu, barulah minta anak untuk meminumnya.

* Buat minuman dari rumput laut dan agar-agar. Mungkin karena efeknya mendinginkan, dapat meringankan rasa sakit anak.

Gangguan perut
* Obat tradisional yang manjur untuk mengatasi gangguan perut, mual, dan kembung adalah rempah dari dapur: jahe. Studi klinis menunjukkan, minyak alami (minyak atsiri) dalam jahe mempunyai efek menenangkan perut yang sedang bergejolak. Pedas juga, sehingga menghangatkan tubuh dan mengeluarkan keringat. Untuk membuat teh jahe, potong-potonglah jahe segar dan didihkan selama sepuluh menit, saringlah, serta beri pemanis untuk rasa. (Untuk bayi, pastikan benar-benar encer dan sedikit saja ya.) Permen jahe boleh diberikan pada anak di atas empat tahun; sebelum usia itu bisa menyebabkan risiko tersedak.

* Untuk gangguan perut plus diare, beberapa dokter merekomendasikan yogurt, yang mengandung bakteri baik, seperti Lactobacillus untuk membantu mengembalikan keseimbangan mikroorganisme dalam usus besar. Lactobacillus dijual dalam bentuk bubuk di toko bahan makanan atau toko yang menjual makanan sehat. Nah, bubuk ini bisa ditaburkan dalam makanan dan minuman. Namun bila gejala tak kunjung hilang, segera hubungi dokter.

Kolik
* Oleskan minyak telon di perut atau menimangnya hingga lebih tenang.

* Buat sendiri teh untuk meredakan kolik dari salah satu tumbuhan, tambahkan sedikit teh chamomile, yang banyak tersedia di supermarket, yang memang berefek menenangkan. Untuk bayi di bawah setahun, batasi pemberian teh (hangat, tentu saja) sampai tidak lebih dari 120 cc per hari, sehingga masih ada tempat dalam perut mungilnya untuk susu. Jika Anda masih menyusui, minum deh teh sepanjang hari agar bahan aktif di dalamnya bisa masuk ke ASI.

* Tambahkan seperdelapan sendok teh bubuk Lactobacillus pada satu sendok teh ASI atau susu formula, lalu berikan dua kali sehari. Anda juga bisa memutar musik klasik yang menenangkan. Studi membuktikan cara ini sangat membantu menenangkan bayi kolik, juga mamanya.

Sumber : http://www.parenting.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: