6.200 Pekerja di Bekasi Terancam Diberhentikan


BEKASI — Sedikitnya 1.200 pekerja di Kota Bekasi dan sekitar 5.000 pekerja di Kabupaten Bekasi terancam terkena pemutusan hubungan kerja menyusul akan ditutupnya 10 pabrik di kedua daerah tersebut.
Hal itu diungkapkan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bekasi Purnomo Narmiadi ketika ditemui Selasa (23/12) kemarin. ”Di Kota Bekasi ada empat perusahaan yang menutup pabriknya, sementara di Kabupaten Bekasi ada enam perusahaan yang akan menutup pabriknya,” kata Purnomo.

PHK massal tersebut adalah dampak krisis ekonomi global. Menurut Purnomo, krisis global menyebabkan pengusaha kesulitan memasarkan hasil produksi perusahaan mereka. Akibatnya, pengusaha terpaksa mengurangi jumlah produksinya. Pengurangan jumlah produksi berdampak pada pengurangan tenaga kerja.

Data yang diperoleh Kompas dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Bekasi, sampai bulan November sudah ada tiga perusahaan yang menutup pabriknya di Kota Bekasi dan satu perusahaan lain memindahkan pabriknya ke Tangerang, Banten.

Dua di antara pabrik yang tutup adalah perusahaan garmen. Penyebabnya adalah minimnya order yang diterima pabrik garmen tersebut. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Bekasi memperkirakan, sedikitnya 1.000 buruh garmen menganggur karena perusahaan tutup.

Purnomo menambahkan, perusahaan yang paling keras terkena dampak krisis global itu antara lain perusahaan di bidang garmen dan tekstil, otomotif, dan elektronik. Sektor industri garmen dan tekstil diketahui banyak menyerap tenaga kerja dan produknya berorientasi ekspor.

Purnomo menambahkan, penutupan pabrik dan PHK massal dikhawatirkan akan bertambah banyak pada tahun 2009. Pemerintah diharapkan mengambil langkah untuk menjamin suasana kondusif bagi pengusaha dan pekerja. (COK)

Sumber: www.Kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: