Belasan SDN Rawan Banjir


Bekasi,
Berdasarkan data Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi ada 12 sekolah dasar negeri (SDN) yang masuk kategori rawan banjir. Karena itu, pada musim penghujan seperti sekarang ini, seluruh pengelola sekolah tersebut harus mengantisipasinya dengan mengamankan dokumen-dokumen yang ada.
Demikian dikatakan Kepala Disdik Kota Bekasi Kodrato, Kamis (4/12). ”Kami sudah instruksikan kepada sekolah-sekolah itu untuk menyelamatkan sejumlah dokumen berupa arsip, surat keputusan, ijazah, dan buku-buku sekolah agar tidak terendam banjir. Hal ini harus dilakukan sejak sekarang karena soal pengamanan dokumen ini sering terlupakan jika banjir datang,” katanya.
Selain menyelamatkan sejumlah dokumen, pihak sekolah juga diminta untuk mengantisipasi pelaksanaan ulangan umum atau ujian akhir tahun. Caranya, berkoordinasi dengan sekolah-sekolah yang terbebas dari banjir agar saat peristiwa banjir terjadi para siswa masih bisa sekolah walaupun menumpang.
”Tahun lalu, SDN Jatirasa V di sisi Kali Bekasi kebanjiran hingga dua meter. Akibatnya, dokumen dan peralatan sekolah rusak. Dengan instruksi ini, kami tak ingin apa yang dialami SDN Jatirasa V itu terulang di sejumlah sekolah rawan banjir pada tahun ini,” tutur Kodrato.
Lebih lanjut dikatakan, sekarang ini masih banyak gedung SDN di wilayah Kota Bekasi yang masuk kategori rusak ringan dan sedang. Semua gedung itu masih menunggu giliran untuk diperbaiki di tahun-tahun mendatang.
Sementara itu, menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) TK dan SD Bekasi Selatan, Ahmad Yani, di wilayahnya terdapat 52 SDN tetapi tidak diimbangi dengan jumlah siswa yang cukup. Bahkan 17 SDN di antaranya jumlah siswanya di bawah 60 orang.
”Karena itu kami berencana memerger SDN-SDN yang kekurangan siswa tersebut agar operasional sekolah bisa berjalan lebih baik. Tapi kapan pelaksanaannya belum bisa kami sampaikan,” tuturnya.
Beberapa waktu lalu, dengan alasan yang sama Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdik Kota Bekasi, Dedi Junaedi, mengungkapkan bahwa puluhan SDN yang jumlah siswanya di bawah 100 orang akan dimerger. Diperkirakan sebanyak 30 SDN dari total 541 SDN yang ada di Kota Bekasi, akan dimerger. (mur)

sumber: Warta Kota

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: