50 Km Jalan di Bekasi Parah


Bekasi,
Sebanyak 30 persen dari 978 km jalan di Kota Bekasi rusak, bahkan 50 km jalan di antaranya masuk kategori rusak parah. Perbaikan yang kini dilakukan Pemkot Bekasi dikhawatirkan tak akan memberikan hasil maksimal.
”Jalan-jalan yang rusak parah tersebut harus segera diperbaiki, tapi tak bisa sekarang,” kata Kasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Kota Bekasi, Yusrizal, Selasa (25/11).
Menurut Yusrizal, beberapa jalan yang rusak kini akan dibeton agar tahan lama.  Namun lantaran keterbatasan dana, perbaikan beberapa jalan segera terpaksa ditunda. Perbaikan jalan yang tertunda itu yakni Jalan Sepanjang Jaya yang baru akan dikerjakan tahun 2009 dan sebagian Jalan Bantargebang-Setu juga pada tahun depan.
Kepala Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum Kota Bekasi Lindon Tampubolon mengatakan bahwa anggaran untuk perawatan jalan yang dimiliki Kota Bekasi sangat minim. Untuk itu pihaknya sedang mengajukan dana perbaikan jalan  kepada Pemprov Jawa Barat. Kabarnya pihak pemprov telah mengalokasikan dana perbaikan jalan di Kota Bekasi sebesar Rp 20 miliar.
Menurut Lindon, sejumlah jalan yang menjadi prioritas untuk diperbaiki adalah Jalan Chairil Anwar, Jalan Noer Alie, dan Jalan Juanda. Sedang perbaikan Jalan Siliwangi dan Jalan Cut Meutia merupakan wewenang Pemprov Jawa Barat. Jalan Cut Mutia yang bersinggungan dengan Terminal Bekasi rencananya akan diperlebar, termasuk memperlebar tiga jembatan di jalan tersebut.
Pelebaran tiga jembatan di Jalan Cut Meutia dari 10 meter menjadi 16 meter akan menggunakan dana APBN sebesar Rp 80 miliar. Ketiga jembatan tersebut adalah jembatan yang melintasi Jalan Tol Jakarta Cikampek, Jembatan Kali Malang di depan Universitas 45 (Unisma) Bekasi, serta sebuah jembatan di daerah Rawasemut tidak jauh dari Kantor Area Pelayanan Jaringan (APJ) PLN Bekasi.
”Pekerjaan pelebaran jembatan tersebut rencananya akan dikerjakan selama 18 bulan. Awal pengerjaan diproyeksikan baru akan dilakukan pada akhir 2008 atau awal 2009 mendatang,” ujar Lindon.(mur)

sumber :Warta Kota

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: