Angka pengangguran di Bekasi meningkat


Angka pencari kerja di Kota Bekasi terus melonjak bahkan tiap tahun jumlahnya tidak mengalami penurunan. Pada 2007 saja angka pengangguran mencapai 41.700 orang sementara tahun ini hingga Juli 2008 tercatat sebanyak 19 ribu orang masih belum mendapat perkerjaan. Sedang hingga Desember nanti angka pengangguran terus bertambah dan berkisar antara 41 ribu hingga 43 ribu jiwa.

Demikian diungkapkan Kepala Disnaker Kota Bekasi, Agus Darma beberapa waktu lalu saat berlangsung Bursa kerja di Hall Basket GOR Patriot, Kota Bekasi. Bursa Kerja yang digelar ini, imbuhnya, hanya menyediakan sekitar 900 posisi kerja dari 20 perusahaan. Artinya jumlah tersebut belum mampu menyerap seluruh pencari kerja.

Bursa Kerja gratis yang digelar Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bekasi ini menempatkan 20 perusahaan dari berbagai bidang baik elektronik, Bank, jasa, makanan/minuman yang berada di Jabodetabek untuk ribuan pencari kerja lulusan setingkat SLTP, SMA/SMK hingga Diploma Tiga dan berlangsung selama dua hari (30-31/10).

Sementara itu program kesempatan menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri yang disiapkan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi ternyata tidak diminati.

Menurut Agus, pihaknya pernah berniat melakukan pelatihan kepada masyarakat dan memberikan kesempatan kerja ke Malaysia dan Abu Dhabi, tetapi ketika Pemkot Bekasi membuka lowongan tersebut tak satu pun warga yang mendaftar.

Menurut salah seorang sales promotion girl (SPG) sebuah perusahaan penyalur tenaga kerja ke luar negeri yang ikut ambil bagian, yakni PT Mitrakarya Sarananusa. saat ini pihaknya tengah membuka lowongan pekerjaan ke luar negeri seperti Malaysia, Hongkong, Singapura, dan Taiwan.

”Bagi yang berminat nanti akan disalurkan ke sejumlah restoran, pabrik, perkebunan, dan perumahan. Khusus untuk perumahan akan disalurkan sebagai pembantu rumah tangga,” ujarnya. (BeOn/wk/ht)

Sumber: BekasiOnline

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: