Jatah haji 12 anggota DPRD disorot


Kalangan mahasiswa menilai kebijakan pemberangkatan 12 anggota DPRD Kota Bekasi yang mendapat jatah haji gratis melalui Anggaran APBD sama sekali tak mempedulikan nurani rakyat. “Itu khan uang rakyat, wajar kalau kita tolak,” kata Sugeng Wiyono, Ketua KAMMI Bekasi. Menurut dia, kalau ingin memantau haji ya tidak usah terlalu banyak begitu. Satu dua orang sudah cukup. Uang rakyat jangan digunakan untuk kepentingan pribadi.

“Jangan dipaksakan karena hanya akan makin menyakiti rakyat,” katanya. Disebutkan, haji sebuah ibadah khusus yang harus benar-benar murni. Maka sangat memprihatinkan kalau ibadah khusus ini dipolitisir, untuk kepentingan politik.

Ke-12 jatah tersebut merupakan wakil fraksi, setiap fraksi dua orang. Tidak tampak nama anggota F-PKS. Namun ada dua nama yang diduga sebagai pengganti dari luar DPRD. Sebelumnya, Hasnul Kholid, seorang pengelola haji juga mengkritisi masalah ini. ”Seharusnya malu,” katanya.

Selain itu, Sugeng menilai akibat banyaknya anggota DPRD yang dihajikan gratis ini menjadikan fungsi para wakil rakyat mlempem. Mereka tidak mau bicara ketika banyak calon jamaah haji yang mengeluhkan pelayanan ts kesehatan yangamburadul.

“Gimana mau mengkritisi karena sudah dibayari?” keluhnya. Padahal, para calon tamu Allah itu banyak yang kecewa karena dipersulit saat tes kesehatan.

Selain penunjukan tempat tes, juga kerjasama Dinas Kesehatan dengan sebuah RS swasta ini banyak memberatkan jemaah dalam segi biaya maupun waktu.

“Ini tidak benar,” kata Abdul Halim, SH, satu pengamat haji. “Harusnya DPRD tanggap dan mengatasi masalah ini.” (BeOn/ht)

Sumber: BekasiOnline

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: