18 titik kemacetan pasar tumpah di jalur mudik Jabar


Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Bina Marga Jabar, menjelang masa mudik Lebaran tahun ini, telah meyiapkan pelayanan untuk kelancaran para pemudik. Salah satu upaya yang akan dilakukan mempersiapkan sarana dan prasarana serta mempersiapkan anggota untuk membantu pemudik. Terkait juga penanganan kemacetan yang diakibatkan oleh pasar tumpah dibeberapa titik. Titik-titik itu di antaranya Supra, pertigaan Subang yakni Pamanukan, Palimanan, Tegal Gubug, Cibadak, Cicurug, Ciawi, Padalarang, Cileunyi serta Nagreg sampai dengan Malangbong Kabupaten Garut

Kepala Dishub Jabar, Herli Suherli belum lama ini mengungkapkan, persiapan yang dilakukan ini sesuai dengan hasil rapat rapat koordinasi (rakor) internal Dishub serta stakeholders terkait. Pertemuan tersebut, ditindaklanjuti oleh Departemen PU dan Departemen Perhubungan, yang diselenggarakan pekan lalu.

Disebutkan Herli, saat ini sudah ada empat lajur jalan sudah siap dipergunakan. Ada juga 15 titik jalan alternatif yang bisa digunakan.

Mengenai keberadaan pasar tumpah, Herli mengakui, tahun ini jumlahnya diprediksi akan mengalami penurunan. Namun, titik rawan pasar tumpah antara lain diprediksi akan terjadi di Pasar Supra, Jatibarang-Indramayu serta Pasar Losari dan Pasar Gebang di Cirebon. Dan prediksi Dishub, mudik tahun ini terdapat 18 titik kemacetan lalu lintas.

Titik-titik itu di antaranya Supra, pertigaan Subang yakni Pamanukan, Palimanan, Tegal Gubug, Cibadak, Cicurug, Ciawi, Padalarang, Cileunyi serta Nagreg sampai dengan Malangbong Kabupaten Garut.

Sedangkan pada Lebaran tahun 2008 ini, jumlah penumpang yang mempergunakan bus diperkirakan akan meningkat.

Di tahun 2007, jumlah penumpang berjumlah 1.152.011 orang dan di tahun ini diperkirakan meningkat antara 5% -7% sehingga diperkirakan jumlah penumpang di Lebaran tahun 2008 mencapai 1.567.984 orang.(BeoN/SH)

Sumber: BekasiOnline

One Response

  1. trims infonya ya…………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: