Beternak Ikan Lele


PERTIMBANGAN

Ikan ini cukup banyak penggemarnya di masyarakat (coba saja lihat warung-warung pecel lele, ramai terus kan). Sekarang ini, ekspor lele sudah dilakukan oleh perusahaan
dari Belanda. Mereka sudah bisa mengekspor 20 ton lele per hari. vietnam mengekspor 70.000 ton lele pd tahun 2005 untuk pasar amerika dan eropa dengan kisaran harga $ 2,8/kg Dan untuk pasar local bekisar Rp.6.000 s/d Rp.10.000 /kg

Modal yang dibutuhkan tidak besar berkisar 300 – 500 ribuan.

Syaratnya punya tanah/lahan yang kosong agak cukup luas, minimal 3 x 6 meter.
Ayo, coba ukur tanah samping/depan/belakang rumah anda atau bisa menyewa
tempat?

Ikan lele mempunyai beberapa nama daerah, antara lain: ikan kalang (Padang), ikan maut (Gayo, Aceh), ikan pintet (Kalimantan Selatan), ikan keling (Makasar), ikan cepi (Bugis), ikan lele atau lindi (Jawa Tengah). Sedang di negara lain dikenal dengan nama mali (Afrika), plamond (Thailand), ikan keli (Malaysia), gura magura (Srilangka), ca tre trang (Jepang). Dalam bahasa Inggris disebut pula catfish, siluroid, mudfish dan walking catfish. Hewan yang di Amerika Serikat disebut Cat Fish ini benar-benar berpotensi memuaskan hobi memelihara binatang dan mendatangkan pemasukan tambahan bagi Anda.

PERSIAPAN
Buat 1 kolam ukuran kecil 2m x 3m, gali tanah sedalam 30 cm, tanah galian lalu urug-kan saja ke sekitar pinggir calon kolam. Terus beli terpal plastik yang banyak dijual di toko, seharga 50 ribuan (yang lebih mahal juga ada), tapi ini kualitasnya sudah cukup bagus. Pasang terpal plastik ke lubang kolam yang telah digali, kedalaman tanah 30 cm, tinggi permukaan tanah (dengan tanah urug sebelumnya) naik kan jadi 20-30 cm lebih tinggi dari tanah sekitarnya. Sebagian di atas kolam dibuat atap pelindung, juga bagus. Sebagian terkena cahaya langsung matahari.
info: Kalau air terlalu dangkal ukuran lele menjadi terlalu pendek karena ikan kurang bergerak.

Jadilah kolam kita yang berbiaya murah. hemat biaya pasir dan semen, serta ongkos tukang bukan?


Isi kolam dengan air bebas pencemaran bisa berasal dari air sungai, sumur, PAM yg sudah diendapkan. kolam sebaiknya diberi pupuk kandang,urea,tsp dan didiamkan minimal 1 minggu agar terbentuk pakan alami berupa plankton, kolam harus dlm kondisi air tdk jalan krn lele rentan terhadap perubahan air yg terus menerus dan lele akan selalu meloncat kearah sumber air mengalir. kedalaman kolam sebaiknya 120 cm dgn ketinggian air 80 cm. Air kondisikan alami seperti di rawa/sungai, perbanyak tanaman air. Beri tanam-tanaman air juga bagus, semisal teratai, ganggang air, kangkung, dsb.
sampai satu minggu jgn dulu kasih pakan (biarkan lele makan pakan alami tadi)

Berikutnya, beli benih ikan lele, dengan ukuran sebesar ibu jari orang dewasa, harganya sekitar 200-300 rupiah per ekor. (terkadang kalo beli bibit ada minimal order)

Coba isi kolam tadi dengan 300-400 ekor benih ikan lele.

Sebelum benih ditebarkan sebaiknya benih disuci hamakan dulu dengan merendamnya didalam larutan KM5N04 (Kalium permanganat) atau PK dengan dosis 35 gram/M2 selama 24 jam atau formalin dengan dosis 25 mg/l selama 5-10 menit. Penebaran benih sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari atau pada saat udara tidak panas. Sebelum ditebarkan ke kolam, benih diaklimatisasi dulu (perlakuan penyesuaian suhu) dengan cara memasukan air kolam sedikit demi sedikit ke dalam wadah pengangkut benih. Benih yang sudah teraklimatisasi akan dengan sendirinya keluar dari kantong (wadah) angkut benih menuju lingkungan yang baru yaitu kolam.

PAKAN
Berikan pakan dua kali dalam sehari. Pakannya adalah pelet dan menu tambahan cacahan jeroan ayam. Menu tambahan ini ikan bisa cepat besar. Menu tambahan ini juga meningkatkan pertumbuhan lele. “Kalau biasanya sekilo ada tujuh ekor, setelah diberi pakan tambahan sekilo cuma enam ekor,”


Kalau ada sisa nasi makan malam/siang, masukkan saja ke kolam, biar nambah-nambah zat makanan.


atau bisa juga pakan utama menggunakan pakan pabrik dgn kandungan protein >32% dan dpt diberi pakan tambahan berupa limbah peternakan ayam spt bangkai ayam,usus,telur yg gagal tetas dng terlebih dahulu dibakar/direbus. atau dengan jeroan ikan,atau ikan-ikan buangan(dipasar bnyk koq).

–tidak wajib—

Untuk tambahan Pakannya sediakan seperti dibawah ini;

1. Ampas tahu

2. Katul (dedek halus) dari padi

3. Ikan Asin BS(dihaluskan)lbh bgs di rebus dgn perbandingan 10:5:1 jd setiap 10 kg ampas tahu,+5kg katul,+ 1kg ikan asin bs aduk jd satu, berikan sesuai kebutuhan.


(warning) : piara lele bau (bagi yang sensitif bau) lho… harus tahan juga.

Kalau di awal-awal menabur benih, sebagian ikan mati, jangan panik, ambil saja, buang.
1 minggu mungkin sekitar 20-30 ekor.
3-4 hari berikutnya ikan akan bertahan hidup normal koq. Nah, tinggal menunggu sekitar 3 bulan, ikan sudah cukup besar untuk bisa dipanen, dijual dengan harga sekitar 1000 rupiah per ekor. (asumsi sekilo Rp.7000, biasanya ada 7 ekor lele)


Bibit lele biasanya dibeli dari pasar atau peternak lele (yang memproduksi benih).
hati-hati dengan bibit yang kuntet (tidak bisa gede)


atau kalau kita sendiri punya lahan sangat luas, bisa membeli 3-4 pasang induk yang siap bertelur (harga mungkin sekitar 100 ribu per pasang), sekali bertelur jumlahnya bisa mencapai ratusan ribu tuh, kalau cara merawatnya berhasil banyak yang berhasil hidup dan tumbuh besar, mungkin butuh kolam ukuran 3×4 m sebanyak 3-4 buah kolam untuk menampung telur.


PEMASARAN

Bisa di lingkungan kita sendiri, tawarkan ke pengumpul benih, atau yang sudah besar tawarkan ke warung-warung makan lele atau jual ke pasar, ke tukang sayur keliling, pemancingan2 ikan lele, dll harganya mungkin +/- Rp. 7000/kg
Pokoknya jangan jual lele pada bulan-bulan yang tidak ada huruf ‘r’-nya (mei, juni, juli,agustus ?) Mengapa? Pada bulan-bulan itu banyak petani lele mengobral lelenya dengan harga murah karena mereka butuh biaya sekolah anak-anaknya
Bikin saja tulisan di depan rumah “JUAL IKAN LELE KONSUMSI, SEGAR, GURIH”
Kalau tanah cukup luas, berarti bisa bikin 2-3 kolam lagi yang serupa.

Harga jual lele mencapai puncak paling mahal pada Januari. Pada bulan Januari pasokan lele berkurang karena pembibitan lele banyak yang gagal. Banyak telur gagal menetas lantaran pengaruh musim hujan. Berdasarkan pengalaman Vian, air hujan bisa menurunkan derajat keasaman (pH) air kolam.

SEGI TEKNIS

Sebenarnya budi daya lele tidak terlalu direpotkan dengan masalah air. Daya tahan

lele sangat tinggi. “Asalkan air selalu penuh dan cukup pakan,” kata semua pakar lele,

lebih jauh lagi kalo mau tahu Syarat Teknis-nya…

1) Budidaya lele dapat dilakukan di areal dengan ketinggian 1 m – 800 m dpl

2) Suhu air yang ideal untuk pertumbuhan ikan lele berkisar antara 22-32°C. Suhu air akan mempengaruhi laju pertumbuhan, laju metabolisme ikan dan napsu makan ikan serta kelarutan oksigen dalam air.

3) pH air yang ideal berkisar antara 6 – 9.

4) Oksigen terlarut di dalam air harus > 1 mg/l.

Satu bulan setelah bibit dilepas, kolam dijarangkan, lele disortir lele yang besar-besar sebesar batu baterai. Sekitar empat kwintal lele sebesar batu baterai itu dipindahkan ke kolam lain. Tujuannya supaya dalam satu kolam ukuran ikan lele seragam. Kalau tidak seragam lele yang kecil dimakan lele yang lebih besar. sortir secara kontinue (2 atau 3minggu sekali) untuk memisahkan ukuran yang besar dan yang kecil untuk mencegah kanibalisme dan kerugian panen.


tehniknya: mungkin perlu punya lebih dari satu kolam, atau ada yang disekat dengan jaring.

Seandainya pakan tidak dikombinasi dengan jeroan ayam, satu periode panen memerlukan 30 karung pelet. Jika ditambah jeroan ayam sebanyak 50 kg dalam satu periode pemeliharaan, pelet bisa dikurangi separuhnya.


Selain itu, masa panen (ukuran konsumsi) lele relatif lebih cepat daripada ikan konsumsi lainnya. “Kalau gurami baru bisa dipanen sekitar delapan bulan. Lele sekitar 50 hari,” kata seorang peternak lele.


Pemanenan dilakukan dengan cara menyurutkan air kolam. jadi pikirkan trick-tricknya biar tidak di PATIL.


Selamat mencoba!

Kalau stress, coba ambil pakan ikan, malam-malam menjelang maghrib, taburkan ke atas kolam, lihat betapa asyiknya melihat ikan-ikan berlomba memangsa makanan

Jangan lupa, perdalam ilmu memelihara ikan dengan menggali ilmu dari buku-buku di toko buku.

Foto-foto Panen LeLe :

(koLam penuh LeLe siap panen)

(koLam yang siap dipanen seteLah airnya dibuang keLuar)

(LeLe siap dipanen)

(LeLe siap dipanen)

(LeLe disortir sesuai ukuran dengan ember khusus)

(ember khusus untuk menentukan ukuran LeLe)

(pedagang pengepuL siap menimbang LeLe yang dipanen)

(LeLe dipanen menggunakan jaring serok untuk disortir)

About these ads

71 Responses

  1. saya ian domisili istana mentari regency sidoarjo – jatim.saya amat sangat tertarik dan ingin mempraktekkan ilmu tenteng lele tersebut..apakah saya bisa mendapat semacam studi kasus untuk proses pembelajaran begitu dan saya harus menghubungi siapa? terima kasih

    Untuk mas ian ,saya ada saran jika ingin ternak lele terlebih dulu anda pelajari teknik budidaya lele dg seksama,bisa dari buku atau dari petani yang sukses. Walaupun harga pakan melambung tetaplah optimis karena masih ada celah untuk mendapat untung,jika budidayanya benar.
    selamat mencoba dan sukses

    Jika butuh info seputar lele bisa ke E-mail napis_k@ yahoo.com

  2. btw ada design kolam nya? bagaimana kalo diatasnya dibikin kandang ayam?

    Mas anam, untuk ternak lele tidak selalu harus membuat kolam, bisa juga dengan Drum-drum, karena lele hidup dengan air yang tidak mengalir. Namun bila area lahan yang di miliki luas bisa dengan membangun kolam. Silahkan saja bila ingin di buat kandang ayam di atas kolam.

  3. mas salam kenal

    sy adi baru mo start usaha budidaya lele, kolam aja baru jadi mungkin awak bulan kali mulainya , yg sy mo tanya beli nibi nya dimana & harganya brp tolong kasih tau mas

    email aja mas ke arach78@gmail.com

    sy tunggu ya? makasih ya sebelimnya

  4. saya pengin tahu lebih banyak tentang budidaya dan pemasaran lele. tolong mas kalau ada kegiatan tentang budidaya lele saya di undang . saya di bekasi telp. 081519424000- 021-91965878 .terima kasih

  5. Saya memiliki kolam ikan yang saya keringkan karena untuk kandang Domba, dan dilokasi tanah kami terdapat 2 mata air yang debitnya cukup bagus/lokasi di gunung salak/ cigombong, saat ini saya mulai memilihara ikan lele sebesar ibu jari/30ekor/kilo gram bagaiman ini apakah baik, didalam air banyak ganggang, kangkung, genjer dll.

    Apakah tetap harus diberi pakan pabrik atau bagaimana mohon informasinya, terima kasih

    Wasalam

    Teddy S Sofyan

  6. Karena tidak punya lahan , tetapi pingin ternak ikan lele, di atas rumah menggunakan drum pastik, ternyata juga bisa…

    http://ternaklele.blogspot.com

  7. Pakan apa yang diberikan untuk bibit lele burumur 5 hari

  8. saya ingin berternak lele
    punya lahan 8x6m2 dgn kedalaman 50cm, pinggir sudah di semen, dasaran tanah…
    kira2 bisa di isi berapa ribu ekor?

  9. tolong banget sya dikasi tau penjelasan tentang budidaya lele, krn sya bru bli tanah di bilangan cibu2r sebesar 500 m2. saat ini sya dpt info tntang le2 blm lengkap!!! I HOPE!!

  10. salam kenal…..

    saya tertarik dengan budidaya ikan lele ..tapi yang jadi masalah pokok bagi pemula budidaya ikan lele adalah dimanakah mendapatkan BIBIT ikan lele tersebut …?

    Mohon pencerahannya ….

    alfaris100500.wordpress.com
    alfaris100500@yahoo.com

  11. thank banget infonya sangat membantu dalam usaha wiraswasta bagi pemula yang mau mencoba. thanks sekali lagi …

  12. thanks …………. banget infonya. sangat berguna bagi pemula wirausaha. salam hormat .

  13. salam kenal ya…

    ukuran pakan untuk 600ekor lele berapa ya??
    kok lele saya banyak yang mati, padahal dh berumur 1 1/2 bln… warna airnya gk hijau tapi coklat…

    kasih solusi donk…

    thanks..

  14. lele saya kok banyak yang terapung diatas ya???
    warna air juga gk bisa hijau..

    • untuk memes anda beternak dengan kolam apa?ada 3 kolam beternak lele
      1.kolam tanah
      2.kolam semen
      3.kolam bak
      mungkin untuk kolam anda untuk kedalaman kolam nya kurang dalam,minimal kedalaman kolam 1M,coba anda lebih banyak lagi mendalami pengetahuan tentang beternak lele dari buku-buku

  15. siiiip

  16. sory kurang i
    ok punya nich

  17. kok gk bisa di copy?

  18. akhirnya bs juga;

  19. sebelumnya trimakasih atas infonya, krn kebetulan saya & suami jg mencoba memelihara lele. tetapi krn mungkin blm punya pengalaman, mk lele nya kok gk bisa gedhe ya? kalo pakan udah sesuai 2x sehari pagi dan sore. kolam saya terbuat dari terpal ukuran 3×4. kolam a diisi 1000benih dan kolam b diisi benih 1000. tetapi di kolam a ikanya semakin berkurang, dan di kolam b pd jangka waktu 1 bln pasca pembibitan kok tiba2 ada beberapa lele yg lebih gedhe 3x ukuran lele yg lain? setelah lele yg gede di tangkap kok ada lagi dan lebih gede lagi? nah saat ini kami gagal panen karena lele nya jmlh nya menyusut di kolam a, dan gak bisa gede di kolam b. yang mau sy tanyakan
    1. apa kualitas bibit bisa berpengaruh?
    2. apa perlu penyortiran sebelum di sebar kan?
    3. gerak lele seperti keracunan, lele mengapung dan bergerombol di permukaan air, dan tiba2 warna air berubah keruh sekali dan berbau menyengat. apa pengaruhnya?

    terimakasih atas jawabanya. nana di pacitan

  20. Tolong dong jelasin perbedaan lele jantan n betinanya,perbandingan jantan n betinanya jika akan dipijahkan

    • Pak Budhi, Ciri-Cirinya sbb:

      1. Induk Jantan

      * Umur telah mencapai 1 tahun
      * Warna tubuh agak kemerah-merahan
      * Alat kelamin tampak jelas meruncing
      * Tubuh tetap ramping dan gerakannya lebih lincah

      2. Induk Betina

      * Perut tampak besar dan bila diraba terasa lembek
      * Alat kelamin berwarna kemerahan & lubangnya agak membesar
      * Bila diurut kearah anus keluar telur berwarna putih kekuningan
      * Membuat gerakan mondar-mandir.

  21. PAK DONI SAYA MINTA RESEP IKAN AGAR NAFSU MAKAN BERTAMBAH TAPI IRIT BIAYA DAN IKAN TIDAK PILIH-PILIH PAKAN?

  22. bos leleku ko nafsu makannya berkurang ya?
    trus bagaimana cara memulihkan nafsu makannya?
    aku bingung ne …………………

  23. halo lam kenal nieh . saya juga baru belajar ternak ikan lele
    namun saya saat ini menemui kendala .dan hingga saat ini saya belum menemukan bagaimana cara mengatasinya , yaitu ikan di kolam usia sekitar sebulan terus kulit mulut ikan ama ekor pada ngelupas. terus ada juga yang mati
    nah jika kawan yang lain tau trik untuk menanganinya mohon kiranya sudi untuk berbagi ilmu ke saya
    bisa kirim ke solo.balapan@gmail.com/ke sadjie_21@yahoo.com
    terimakasih atas tanggapannya.

  24. saya tertarik berbudidaya ikan lele tapi yang saya takutkan adalah gagal ditengah jalan, apa sajakah kendala-kendala dalam berternak ikan lele?
    sebelumnya termakasih

  25. saya tertarik berbudidaya bibit lele dimna saya bisa mencari/membeli indukan lele yang baik untuk daerah sidoarjo? klau ada yg tau informasinya

  26. mas sya kan bru mau nyoba usaha lele….
    mas mau tanya kl bwt pkan tmbahan selain pke jeroan ayam kl di ganti dngan keong emas baguz gak???
    thank ya mas sebelumnya….

  27. mas mau tanya kl bwat masarin hsil ikan lele di bandung di mana ya?
    truz kl cri bnih ikan lele bi bandung yang bagus di mana ya?
    mohon saran nya ya mas ,mksh sblumnya……

  28. sy baru mencoba budidaya lele dgn uk kolam 4×8 pertanyaan sy, berapa lama pembesarannya jika 1kg=25ekor lele dan berapa lama pembesaran jika lele sebesar telunjuk (bibit)tq

  29. mas tlg dong saya, udah tiga hari ini benih lele saya banyak yang mati,gimana cara mengatasinya,apa karena cuaca kalau malam hari dingin. saya berdomisili di pare Kab. Kediri, sebelumnya terima kasih

  30. Disini saya akan memberikan harga bibit ikan lele ( Clarias Gariepinus).. dan berbagai ukuran :

    1. Benih ukuran 5 – 6 cm = Rp. 175,- (minimum Order = 15,000 ekor)

    2. Benih ukuran 7 – 8 cm = Rp. 225,- (minimum Order = 12,000 ekor)

    3. Benih Ukuran 9 – 10 cm = Rp. 275,- (minimum Order = 10,000 ekor)

    4. Benih Ukuran 11 – 12 cm = Rp. 325,- (minimum Order = 5,000 ekor)

    Bibit kualitas bagus, Dari indukan yang benar2 berkualitas,langsung ambil dari kolam…!!!

    Note : ” Ongkos Kirim Tergantung Jarak ”

    Rekan2 bisa menghubungi melalui :

    08156153462
    021-8715000
    oni.jump@gmail.com
    matanggonad@gmail.com
    tonisadikin@yahoo.com (yahoo mesengger) ANUGRAH SUKSES MANDIRI FISH FARM

  31. Jarak baunya radius berapa meter, soalnya saya dipemukiman padat.

  32. bandung banyak mas, mau ukuran apa aja siap, hub aja saya daerah padalarang sampe ciklong wetan..

  33. saya jual CD cara budidaya ikan lele yg benar, hanya dgn harga 50 ribu/CD. jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.

    terima kasih

  34. saya petani ikan lele sedang mencari pengepul.
    yang bisa angkat ikan saya paska panen, saya bisa panen
    sebulan 2 kali dengan kapasitas panen 4 s/d 5 kwt mohon
    infonya
    tlp 02193870552 atau 93870551

  35. kami menjual bibit lele jumbo,sangkuriang berbagai ukuran,dan kami menjual pakan alternati sosis ayam/sapi hrg 2200/kg,roti rasa utuh 35000/per karung.abila ada yang minat hub : 0852 1112 7767 (rey) bogor

  36. mau tanya pengepul lele di daerah bekasi, rencana akhir mei – pertengahan juni bertahap panen 1-2.5 ton. info sms ke 021-33224450. thanks

  37. bagaimanan cara membudidayakan cacing merah u pakan benih ikan lele…

  38. BUTUH SEGERA..!!!!!

    Lele konsumsi ukuran 10-12 ekor/kg sebanyak 5 kwintal secara rutin (minimal seminggu sekali)dgn hrga 7000/kg diambil di kolam atau 7500/kg di antar ke tempat.
    Diutamakan lokasi dekat wilayah Kota Surabaya dan Jawa Timur.
    Yang berminat silakan ajukan penawaran.
    hubungi SMS/Tlp:
    Wira 08993666637

  39. salam kenal,mas klo mau beli bibit lele sangkuriang yang dekat di jakarta timur dimana???

    tolong dibalas ya ke email saya ,thanks
    dwiseptian_oke@yahoo.co.id

  40. Tersedia benih ikan lele dumbo berkwalitas,,,bisa dilihat barangnya.harga lebih murah dari yg lain…lebih hemat & kwalitas terjamin.benih berasal dari perkawinan alami bukan suntik.
    ukuran 5-6cm = Rp 130/ekor
    ukuran 6-8cm = Rp 150/ekor
    ukuran 8-10cm = Rp 190/ekor
    ukuran 10-12cm = Rp 240/ekor

    Harga tersebut adalah harga di tempat…(daerah karawang).kami siap melayani pemesanan partai besar.
    hub.kusaeri (087857622380)

  41. Bongkar rahasia ternak ikan lele yang benar dari NOL.
    http://www.cdbudidayalele.co.cc

  42. mas pernah dengar suplement lele ya ,dimana belinya mas,trima kasih

  43. maaf mas sebelum bibit di tebar kan harus di steril dulu dimana beli larutan sterilnya terima kasih

  44. Tersedia benih ikan lele dumbo berkwalitas,,,bisa dilihat barangnya harga lebih murah .Lebih hemat & kwalitas terjamin.Benih berasal dari perkawinan alami bukan suntik.
    Bibit kualitas bagus, dari indukan yang benar2 berkualitas,…!!! dan berbagai ukuran :
    1. Benih ukuran 2 – 3 cm
    2. Benih ukuran 5 – 6 cm
    3. Benih ukuran 7 – 8 cm

    Menerima juga pesanan partai besar.
    Bagi yang berminat silahkan ke alamat atau hub no telpon di bawah ini.

    Alamat : Jalan raya Raden Saleh Gg H Entong, Rt 02 Rw 14 Kel Karang Tengah, kec Karang Tengah Cileduk Tangerang.

    no telpon : 081336352260
    email : moch_yudha84@yahoo.com

    Yudha Wibowo / Bp Rukman

  45. saya tinggal di daerah bekasi dan sedang mencari tempat penjualan benih dan pakan lele di daerah bekasi. tolong kirimkan alamat lengkap dan teleponnya ke email saya ya pak untuk mempermudah saya mengakses lokasinya. sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak !

  46. Salam sukses, bagi rekan2 yang mengalami lele mati ataupun terkena penyakit seperti cacar, bercak putih, kembung, sungut patah, insang merah/hitam kami menyediakan obatnya yang sudah terbukti sejak 2002.
    SWARA NIAGA
    Kedungturi Permai S-15
    Sidoarjo – Jawa Timur
    081216179270
    Email: swaraniaga@yahoo.com

  47. assalammualaikum.
    mau nanya mas, kalo kolam ukuran 2×4 kapasitas maximum isi kolam lele brapa ya ?
    reply pls

  48. Salam buat para pecinta bisnis lele, kami menjual lele siap panen, ikan langsung ambil di Kolam..

    apabila ada yang minat hub :
    wilayah : sidoarjo
    harga : Rp. 11.000/nego
    info : 081231512121
    terima kasih buat pecinta lele, sukses slalu.

  49. Saya mo tanya ,,,,
    berhubungan saya pumala buat pemeliharaan ikan lele,,bnyak saya ingin ketahui tentang pemeliharaan,??
    1. biaya pembuata kolam
    2. luas ideal berapa,
    3. ideal bentuk kolam gmna,?
    4.dasar kolam pa perlu di semen
    cukup t saja yg saya ingin tanyakan terimasaih…

  50. Saya mau jadi penjual ikan lele di pasar, tapi saya minta tolong bagai mana saya dpt menghubungi agen atau peternak ikan lele. Mohon hubungi saya di no. 085710656880. Terima kasih

    • Dear Mba Sylvia,

      Perkenalkan nama saya Endang, saya peternak Lele, lokasi kolam saya ada di Bekasi Timur dan Karawang, Jika mba berminat bisa menghubungi saya di 0813-88682998, 021-98883972, harga bersaing..

  51. untuk pengepul di daerah depok, saya punya lele siap panen,bagi yang berminat bisa hubungi saya kukuh darmawan 081807111164
    harga bisa nego
    atau email di darmawan.kukuh@yahoo.com

  52. UD. NABILA LELE

    Kami petani lele dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman. Kami menjual induk dan bibit lele sangkuriang berbagai ukuran. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau. Alamat : Jl. Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta.
    Bibit lele yang kami hasilkan adalah bibit lele berkualitas, telah terbukti dengan penanganan yang baik dan benar bibit lele hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan lele kami :
    Jenis : Sangkuriang (Sertifikat)
    Sistem : Intensif.
    Pemijahan : Alami.
    Sumber air : Air tanah / sumur.
    Kolam : Terpal dan semen
    Pakan : Cacing sutra.
    Pengangkutan:Dikemas dlm kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 17 jam.
    Kota tujuan : Seluruh Indonesia.
    Kapasitas pengiriman :
    UKURAN : KAPASITAS / Ekor / BOX :
    2-2 cm : 15.000.
    2-3 cm : 8.000.
    3-4 cm : 7.000.
    3-5 cm : 5.000.
    4-6 cm : 4.000
    5-7 cm : 3.000
    Induk : 15.
    Untuk informasi harga murah berkualitas silahkan contak person Andy 085753563403 / 081227354545, kunjungi blog kami di http://www.mbenih.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman (10 meter selatan Honda AHASS)
    Datang….Lihat dan tentukan keputusan yang terbaik bagi anda…..

    Catatan :
    Cara mempersiapkan air kolam terpal/semen sebelum bibit ditebar :
    a) Masukkan air setinggi 20 cm dengan cara dipancurkan
    b) Tebar garam ikan/garam grasak 100 g / m2
    c) Diamkan selama 3 hari
    d) Tambah volume air sesuai ukuran bibit
    e) Masukkan pupuk urea 10 g / m2 atau pupuk organik cair dan katalis plankton (probiotik) yang mengandung bakteri nitro (Em4, Sell multi) dosis 10 ml / m2
    f) Diamkan selama 5 hari sampai air berubah warna bening kehijauan dan bibit siap ditebar.

  53. Belanda ternyata produsen ikan lele juga

  54. Kalau berbau, bagaimana cara mengatasinya Mas. :)

  55. salam sukses….. saya mau tanya lokasinya di mana ya?
    saya ingin melihat tempat budi daya lelenya secara langsung
    terima kasih

  56. Kalo ada yang sudah panen ikan nya,,, saya Siap Menampung hasilnya untuk wilayah Bandung dan Sekitarnya,,, Hub email : vespabiru66@yahoo.co.id

    • @Adit: Bener nich mau nampung? saya bisa men-supply sampai 4 ton sehari..

  57. Kami Jual lele konsumsi daerah ciledug Tangerang. Harga dijamin murah. For details hub : 087774550025 (Ardo)

  58. Mau numpang iklan gan :D
    Lelehomes ~ Kami jual ikan lele siap konsumsi, jenis ikan sangkuriang. Lokasi Ciledug Tangerang. Untuk Info details : 087774550025 (Ardo) or visit lelehomes.wordpress.com

  59. saya bth pengepul ikan lele di sby hub di no 081331033376 krn lele sy akan panen 2 ton

  60. Di VGH di wilayah sekitar apakah jual lele konsumsi ukuran 7 – 8 ekor per kilo dan berapa rupiah perkilonya terima kasih,saya tinggal di pond ungu bekasi utara

  61. Maaf da yg jualan bibit ikan lele gk,d wiliyah cikarang?

  62. saya jual ikan lele ukuran 7-8 per kg bila berminta hubungi 087781742392 daerah bandung dan sumedang harga Rp 12.000 bisa negoo

  63. dimana ya beli lele untuk dijual kembali area bekasi berapa harga beli untuk pedagang

  64. saya baru mau coba jualan lele di tambun utara/bekasi utara email marda.daya@yahoo.com hp 081318819185 tolong informasinya yang terkait terimakasih

  65. saya membutuhkan pasokan lele 2 kwintal per hari ukuran 6 – 9 per KG..
    BEKASI KOTA
    untuk harga nego di TLP ( bukan sms )
    085218193645

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: