HUT RI KE-63, WALIKOTA PESANKAN GENERASI MUDA UNTUK ISI KEMERDEKAAN



Kota Bekasi, 17 Agustus 2008. Hari ini, tepat 63 tahun sudah, Bangsa Indonesia meraih kemerdekaan yang dengan gagah berani menumpahkan jiwa raga menumpas penjajahan di bumi pertiwi Indonesia yang telah berlangsung selama lebih kurang 350 tahun.

Perjuangan para pahlawan dan pejuang kemerdekaan selama 3,5 abad itu mencapai titik kulminasinya pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur Jakarta, yang kala itu diproklamirkan pernyataan kemerdekaan Bangsa Indonesia oleh Ir Soekarno dan Muhammad Hatta.

Di Kota Bekasi, peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-63 dipusatkan di Lapangan Alun-alun Kota Bekasi melalui kegiatan Pengibaran Bendera Merah Putih, yang berlangsung pagi tadi (17/8), dengan Walikota Bekasi H Mochtar Mohamad selaku Inspektur Upacara, dan Kapten (Inf) Suwarto sebagai Komandan Upacara.

Tampak hadir di barisan tamu undangan diantaranya beberapa mantan Bupati Bekasi era tahun 80 dan 90-an, H Suko Martono dan H Wikanda Darmawijaya, anggota Fraksi Golkar DPRD Propinsi Jawa Barat H Abdul Manan, unsur Muspida Kota Bekasi, Ketua dan Anggota DPRD Kota Bekasi, LVRI Kota Bekasi serta para sesepuh dan tokoh masyarakat.

Meski telah berusia lebih dari setengah abad, namun perjuangan untuk memerdekakan kesejahteraan masyarakat Indonesia pada umumnya, dan khususnya di Kota Bekasi, belum akan pernah berakhir. Pasalnya, disana-sini di kehidupan realitas bangsa Indonesia masih banyak terdapat kantong-kantong kemiskinan.

Hal tersebut, tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi para pemimpin bangsa ini, baik melalui presiden dan kabinetnya dalam skala nasional, gubernur dalam skala propinsi, maupun bupati/walikota dalam skala kabupaten/kota.

Dalam sambutannya, walikota berpesan kepada generasi muda sebagai generasi penerus cita-cita kemerdekaan yang telah berhasil direbut oleh para pahlawan dari tangan penjajah, untuk dapat mengisi kemerdekaan ini dengan beragam hal-hal positif yang sarat makna dan memiliki kesamaan nilai-nilai perjuangan para pahlawan dalam konteks masa kini yang tidak lepas dari pengaruh arus globalisasi yang kian deras menghujam bangsa ini.

Walikota juga menambahkan mengenai sosok seorang KH Noer Ali yang dikenal gigih berani menumpas penjajah dengan aksi perlawanan dan pemenggalan tentara Jepang di seputaran Jembatan Kali Bekasi Pasar Proyek. Atas aksinya tersebut, Pemerintah RI menetapkan KH Noer Ali sebagai salah seorang pahlawan kemerdekaan. Sementara, Pemerintah Kota Bekasi mengapresiasi perjuangan KH Noer Ali dengan menggunakan namanya sebagai nama jalan pengganti Jalan Kalimalang Raya serta sebuah monumen di pinggir Jembatan Kali Bekasi.(yvost/harz/dimz)

Sumber: http://www.kotabekasi.go.id/content/script/home%20dengan%20tanggapan.php?&id=1380

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: