Inu Kencana dalam Buku ”IPDN Undercover”


Dosen Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Inu Kencana Syafii meluncurkan sebuah buku dengan judul IPDN Undercover, Sebuah Kesaksian Bernurani. “Ini buku saya yang keduapuluh tiga,” kata Inu dalam jumpa pers di Bandung, Jumat (27/4).

Meski berjudul IPDN Undercover, buku setebal 305 halaman ini sebagian besar bercerita tentang biografi Inu. Hanya satu bab yang berkaitan langsung dengan IPDN. Mulai dari sejarah IPDN yang awalnya bernama Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN), sampai kasus pemukulan, narkoba, sampai seks bebas di kampus itu.

Di buku terbitan Progressio (Grup Syaamil) ini Inu lebih banyak bercerita tentang proses perjalanan hidupnya. Mulai dari kelahirannya, perkawinan dengan istri yang sempat ditentang mertuanya, kelahiran tiga anaknya, karirnya sebagai PNS, hingga perlawanannya dalam hidup. “Hidup ini adalah perlawanan, dan rebutlah kemenangan,” ujar Inu.

Menurut Inu, naskah buku ini sebenarnya sudah dia susun sejak kematian praja Wahyu Hidayat pada tahun 2003. “Saya sempat menawarkan naskah buku ini ke 17 penerbit di Bandung dan Jakarta, tapi ditolak,” ujarnya.

Saat kematian Cliff Muntu mencuat ke permukaan, beberapa penerbit yang pernah menolak justru menghubunginya dan menawarkan untuk menerbitkan buku itu. “Tentu saja saya tolak,” katanya. Hingga salah satu anaknya mengusulkan untuk menawarkan naskah itu kepada penerbit Syaamil di Bandung. “Saya tidak kenal Syaamil sebelumnya. Jadi ini kebetulan saja.

Sumber: http://www.tempointeraktif.com/hg/nasional/2007/04/28/brk,20070428-98990,id.html

Download klik disini.

E-Book ini di persembahkan kepada seluruh orang yang membutuhkannya dengan tujuan non-komersial dan tanpa maksud untuk merugikan sang penulis. Dasarnya bersumber pada publikasi online gratis atau dokumentasi yang tidak diperdagangkan lagi. Jika buku ini masih diperdagangkan, kami tetap menyarankan Anda untuk membeli versi cetaknya agar dunia perbukuan di Indonesia terus maju dan berkembang dengan pesat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: