Awas Ranjau Ban Motor di sekitar Patung Perbatasan Jkt-Bks


Bagi Pengendara sepeda motor agar berhati-hati saat melintasi jalan di range 300M sebelum Pintu Gerbang Harapan Indah (di Jalur Arah ke Bekasi).

Sudah 2 kali di minggu yang berbeda saat sy melintasi jalan tersebut, ban Sepeda motor sy kempes.
Kejadian yang pertama saat sy memapah sepeda motor menuju Tambal Ban terdekat di tambal ban setelah patung elang perbatasan Jakarta-Bekasi (disana ada 2 tempat tambal ban: 1 Sebelum patung Elang Perbatasan Jakarta Bekasi, dan 1 lagi sesudahnya dekat Tukang Sate Ayam) , disana sudah mengantri 4 sepeda motor yang mengalami hal yang sama.

Setelah di periksa, ternyata ke-4 motor yang mengantri tersebut kempes di akibatkan ranjau yang sama. Ke-4 motor tersebut pun harus mengganti ban dalam karena ban dalam sobek. Namun setelah giliran Ban motor sy di periksa masih bersyukur ban saya hanya kena Paku kecil dan masih bisa di tambal.

Saat sy menunggu antrian tambal ban di sana sudah ada 3 barang bukti ranjau yang sama (di kumpulkan oleh yang mengantri sebelumnya). Artinya sudah ada 7 motor yang terkena ranjau yang sama tersebut .

Kesal namun tidak bisa tau siapa pelakunya. Saat motor sy di tambal, sy coba tanya dengan tukang sate, “Bang, di deretan jalan ini ada berapa tambal ban? ” ; “Ada 2 Mas”, jawab tukang sate.

Dari situ sy menaruh kecurigaan pada kedua tambal ban ini, namun tidak bisa berbuat apa2 karena tidak bisa membuktikan siapa pelakunya.

Di minggu yang berbeda.
Selasa, 5 Agustus 2008. Hal yang sama terjadi lagi pada Ban Sepeda motor sy. Namun kali ini sy terkena ranjau yang sama dengan 7 motor di minggu yang lalu. Dan kali ini sy tambal di tukang tambal ban sebelum patung elang perbatasan Jakarta-Bekasi.

Karena kesal sy katakan sama tukang tambal ban. “Bang, ini kempes karena ada yang sengaja tabur ranjau!!, Banyak motor yang kena ranjau seperti ini!!!” (nada sambil menyindir). “Bukan sy Pak, sy biasa tambal untuk truk” dia bilang begitu, “Ada Ban Serep Gak Pak?” tanya dia. Namun karena sy tidak sedia ban serep yang terpaksa kena Rp.30.000,- untuk ganti ban dalam.

“Awas kalo ketahuan pelakunya!!!” ucap sy sambil mengerutu.

Sharing Pengalaman ini sy sampaikan agar Rekan-rekan berhati2 terutama mulai Pomp Bensin Sebelum perbatasan sampai Patung Perbatasan.

Tips dari sy mungkin dapat menghindari atau setidaknya kita sudah antisipasi:

  • Siapkan selalu Ban dalam depan maupun belakang, karena biasanya lebih murah beli di toko ketimbang beli saat kempes di tambal ban.
  • Berjalan jangan terlalu di kiri bahu Jalan (di range wilayah tsb), karena 2 kali kena ranjau sy jalan di bahu kiri.
  • Usahakan Berjalan dibelakang mobil dan ban motor sejajar dengan salah satu ban mobil tersebut, paling tidak bila ada ranjau harusnya sudah nyangkut di ban mobil tersebut.

Demikian Sharing sy, semoga bermanfaat. (fs)

One Response

  1. Sekedar tips tuk para bikers ..
    mungkin agak dilakukan sedikit modifikasi di motor para bikers .. dengan memasang magnet detektor logam di depan ban .. jadikan begitu ada ranjau langsung ketarik n nempel di magnet .. kan jadi aman tuh ..😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: