Adaptasi Sistem Baru, Pengurusan Paspor Antre Lama



(detikcom)

Jakarta – Sistem pembuatan paspor baru dengan aplikasi terpadu dan scan wajah membuat kantor imigrasi (kanim) harus beradaptasi. Waktu mengantre pun lebih lama dari biasanya.

“Saya daftar Jumat 25 Juli 2008, diminta balik lagi hari ini untuk sidik jari. Antrenya lama. Dari pukul 09.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB baru dipanggil,” kata Adi Hermawan (28), warga Rawa Buaya Jakarta Barat yang sedang membuat paspor di Kanim Jaksel, Jalan Mampang Prapatan, Jakarta kepada detikcom, Selasa (29/7/2008).

Sedangkan menurut Kepala Bidang Pendarat Izin Masuk Kanim Jaksel Endang Herawati, kanim harus menyesuaikan diri dengan sistem baru itu. “Kami butuh penyesuaian dengan sistem baru ini. Ini lebih bagus dari sebelumnya,” ujar Endang.

Sistem baru itu yakni Facial Recognition System. Dengan sistem baru itu membuat registrasi pengenalan wajah dan sidik jari secara bersamaan. Sehingga, paspor ganda bisa dihindari. “Kalau wajah dioperasi pun masih terbaca,” imbuh Endang.

Sementara Kasubag Humas Ditjen Imigrasi Depkum HAM Agato mengatakan sistem baru, Sistem Penerbitan Paspor RI (SPPRI) mulai diaplikasikan serentak pertama kali di 68 kanim seluruh Indonesia, pada Jumat 25 Juli 2008 sore.

“Karena hari Jumat sore, Sabtu dan Minggunya libur, sistem baru efektif pada Senin 28 Juli 2008. Tapi tanggal 25 malam kita juga bekerja,” kata dia.

Sehingga, ujarnya, sistem sudah tidak bisa lagi mencetak paspor yang lama. “Tanggal 28 Juli itu hanya penerimaan berkas. Yang dicetak beberapa tanggal 28 itu contoh kita, memang tidak ada paspor hari itu. Sistemnya baru, kalau memasukkan tanggal 28 tidak mungkin 1 hari jadi,” kata dia.

Agato pun meminta maaf bila selama 4 hari dari Senin sampai Kamis pekan ini, sistem itu masih dalam upaya pengalihan atau transisi.

“Semua akan dilayani, mohon maaf atas keterlambatan. Mungkin ada keterlambatan informasi. Kita mau tes 4 hari, sebenarnya Kamis sudah mulai normal,” tutur Agato.(nwk/iy)

Ari Saputra, Nograhany Widhi K – Detik.com

Sumber: detikNewshttp://www.detiknews.com/read/2008/07/29/163034/979870/10/adaptasi-sistem-baru-pengurusan-paspor-antre-lama

One Response

  1. sebenarnya kt udah saksi dengan sistem paspor yg baru, karena dgn sistem yg lama saja waktu launching perdana tgl 6 februari 2006 itu hanya membutuhkan waktu 3 hari untuk pelaksanaan instalasi dan setting perangkat komputer dr tgl 3 februari s/d 5 februari dan hari senin sistem sdh berjalan dgn lancar sampai proses pencentakan paspor, walaupun dlm penerapannya agak sedikit lambat, karena pegawai operator dari pihak imigrasi masih belum terbiasa.
    tetapi dng sistem yg baru ini malah jadi mundur kinerjanya, harusnya pt pemenang tender ini bercermin pada pt yg lama, malah kalo pat pemenang tender paspor yg baru ini harus lebih cekatan dar pt yg lama.
    tapi ini malah sebaliknya bahkan lebih lama, dan masalah teknis sepertinya pt pemenang tender ini tdk mempunyai kesiapan yg matang, bahkan seolah-olah dipaksakan berjalan. sehingga negara yg perhitungannya diuntungkan malah dirugikan dan di bohongi, sebab hanya beberapa kanim yg sdh dilengkapi perangkat yg lainnya menyusul dan masalah aplikasi yg berjalan masih sering error, karena data duplikasi yg d serahkan pt lama belum dimasukan k database sistem yg baru maka pasti banyak pemohon yg bisa membuat paspor lebih dr 1. sehingga pr koruptor dan teroris yg akan melarikan diri bisa saja membuat paspor dng sistem yg baru menggunakan data yg berbeda, sehingga dapat lolos verifikasi dan dapat melarikan diri k luar negeri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: