Daya Tampung Tak Sesuai Dengan Murid Yang Mendaftar


Daya tampung sekolah negeri tak sebanding dengan siswa yang mendaftar. Akibatnya sistem apa pun yang diterapkan, tetap saja ada siswa yang tak tertampung di sekolah negeri. Apalagi PSB di Bekasi hanya dilakukan sekali tanpa ada gelombang kedua, sehingga siswa yang tak diterima di sekolah negeri harus langsung memilih sekolah swasta.

Beberapa siswa yang memiliki prestasi bagus di sekolah sebelumnya bahkan dengan nilai UN bagus, bisa gagal diterima di sekolah negeri pilihannya di Kota Bekasi. Tak ayal banyak orang tua yang stress dengan system PSB di Bekasi ini. Sistem satu pilihan sekolah dan menggunakan tes juga dianggap merugikan siswa.

Akhirnya, selain mencari sekolah swasta di Kota Bekasi, para orang tua berusaha mencari informasi bangku kosong di sekolah negeri di wilayah Jakarta.

Ketua Komisi D DPRD Kota Bekasi Heri Koswara mengakui bahwa daya tampung sekolah negeri tak sebanding dengan siswa yang mendaftar.

Namun, Heri mengakui bahwa mekanisme pemerimaan siswa baru di Kota Bekasi harus dibenahi. Sistem tersebut menyebabkan munculnya siswa titipan dari Pejabat Pemkot dan DPRD Kota Bekasi. Sistem tersebut merugikan para siswa pada umumnya.

”Untuk ke depan saya selaku Ketua Komisi D yang membidangi masalah pendidikan akan melakukan pembenahan sehingga tidak ada lagi sistem penitipan yang dikeluhkan tersebut. Namun sayangnya meskipun kabar itu beredar kuat kami belum memiliki bukti yang konkret untuk menindaklanjuti,” ujar Heri.(BeOn/wk)

sumber: BekasiOnline.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: