Lambatnya SKHUN Hambat PSB Pelajar Bekasi


Lambatnya penyerahan SKHUN (surat keterangan hasil ujian negara) menghambat siswa-siswi Bekasi yang ingin melanjutkan sekolah di daerah lain. Akibat keterlambatan ini, banyak murid yang ditolak mendaftar PSB (penerimaan siswa baru) di beberapa sekolah. Alasannya, tempat mendaftar minta SKHUN asli, bukan surat keterangan.

“Kita terus mendesak, dan tahun ini mendingan,” kata Sumirgo, Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Diknas Kota Bekasi.

Menurut dia, leletnya SKHUN karena distribusi dari propinsi juga terlambat. Sehingga, yang kena dampaknya bukan hanya Bekasi, tetapi juga daerah lain, seperti Bogor.

Djoko, salah satu orangtua murid mengatakan, kelambatan penyerahan SKHUN kepada murid ini menghambat siswa yang akan melanjutkan sekolah pindah rayon.

“Kelambatan dari Bekasi ini sudah cukup dikenal di daerah lain. Seperti saat mendaftarkan anaknya ke Yogyakarta, ternyata mendapati keluhan dari penerima berkas kalau Bekasi setiap tahun selalu terlambat,” katanya.

Begitu pun, katanya, saat mendaftar di DKI misalnya, masalah SKHUN dari Bekasi ini selalu dipertanyakan.

Sementara itu, puluhan orangtua murid lulusan SMPN-6, Kecamatan Pondokgede, Bekasi mengaku resah tidak dapat mendaftarkan anaknya ke sejumlah sekolah setingkat SMA di DKI Jakarta, karena SKHUN belum diterima.

SMPN 6, Pondokgede belum menerima SKHUN yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat, sehingga ijazah lulusan sekolah tersebut tidak dapat digunakan untuk mendaftar ke sekolah setingkat SMA di DKI Jakarta. Petugas pendaftar di sekolah setingkat SMA di DKI Jakarta meminta SKHUN dan fotokopi ijazah asal sekolah, sebagai persyaratan masuk SMA di DKI Jakarta. (BeOn/sbr)

sumber: BekasiOnline.com

One Response

  1. Mutu pendidikan selalu ditekankan ke para siswa … Tetapi mutu pelayanan ke masyarakat selalu terabaikan, capek dech …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: