Enam Daerah Jajaki Lepas Dari Provinsi Jabar


Enam daerah di wilayah Jawa Barat di antaranya Bekasi berniat membentuk provinsi baru dan memisahkan diri dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar). Enam daerah yang akan membentuk provinsi baru itu di antaranya Kota dan Kabupaten Bekasi, Kota dan Kabupaten Bogor, Kota Depok dan Kabupaten Karawang.

Wali Kota Bekasi Mochtar Mohamad mengungkapkan, sudah ada semacam tim kecil yang untuk sementara dirinya dengan sekretaris dijabat Ketua Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Bekasi, Afanda Krisaldi, untuk membahas rencana memisahkan diri dari Pemprov Jabar. hal itu sampaikan dia kepada wartawan, Minggu (22/6) siang.

“Kami sepakat memisahkan diri karena selama ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat kurang me-naruh perhatian terhadap daerah-daerah tersebut. Ya, mungkin karena kami jauh dari pusat pemerintahan Jawa Barat,” ungkapnya.

Padahal, sambungnya, enam daerah tersebut termasuk 20 pemerintahan kota dan kabupaten yang berada di wilayah Jawa Barat merupakan penyumbang terbesar bagi APBD Jabar.

Lebih jauh di menjelaskan, selain kurangnya perhatian dari pemerintah tingkat provinsi itu, alasan kuat lainnya adanya pembatasan kuota haji sehingga banyak masyarakat yang akan me-nunaikan rukun Islam kelima tidak dapat melaksanakannya.

“Saat ini, beberapa partai politik di enam daerah itu juga sedang melakukan lobi-lobi dan pembicaraan,” katanya.

Yang jelas, lanjutnya, PDI Perjuangan di enam daerah itu sudah sepakat dalam pembentukan provinsi baru, termasuk PKS. Kini tinggal menunggu sikap Partai Golongan Karya (Golkar) dan PPP.

Tetapi, dapat dipastikan beberapa partai besar akan sepakat dengan pembentukan provinsi baru, ditambah desakan para ulama yang semakin kuat terkait dengan adanya kuota calon haji.

Namun yang terpenting, pemisahan tersebut dapat mempercepatan pembangunan bagi masyarakat termasuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Saat ini, tambah Mochtar, dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) termasuk dari sektor lainnya, Kota Bekasi telah menyumbang kepada APBD Provinsi Jabar tiap tahun Rp 400 miliar lebih. Dari sumbangan sebesar itu, yang kembali dan digunakan buat pembangunan masyarakat Kota Bekasi hanya Rp 11 miliar per tahun. (BeOn/sh)

sumber: BekasiOnline.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: